Kampung UKM Digital Mulai Rambah Bandung


Kamis, 18 Juni 2015 - 18:45:57 WIB

Inovasi Tel­kom dalam pe­lun­curan program Kam­pung UKM Digital meru­pakan bagian dalam men­du­kung program Peme­rintah untuk kemajuan UK­M Indonesia. Program ini juga merupakan salah satu pengembangan UKM yang saat ini tengah berjalan yakni Roadshow Program BAGUS Indonesia, sebuah gerakan untuk membina aspirasi Satu Juta UKM di seluruh Indonesia. Program BAGUS Indonesia sendiri berupa kegiatan edukasi langsung untuk mem­per­kenalkan manfaat pe­man­faatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada pelaku UKM.

“Konsep Kampung UKM Digital adalah pe­man­faatan TIK secara kom­prehensif dan terin­tegrasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung atau area, sehingga para pelaku UKM yang ada semakin maju, man­diri dan mo­dern,” ungkap VP Corpo­rate Communication PT.­Telkom Arif Prabowo pada Haluan Kamis (18/6) mela­lui pers rilisnya.

Peluncuran Program Kampung UKM Digital; Sentra Kaos Suci (SKOCI) Goes Digital berlangsung secara sederhana di Pusat Komunitas SKOCI Jl. Suci Bandung, Telkom beker­jasama dengan Pemkot Ban­­­dung, PD Pasar Bandung Bermartabat, Kam­pus dan berbagai Ko­mu­nitas UKM Bandung.

“Dukungan Telkom ter­ha­dap digitalisasi SKOCI adalah sejalan dengan prog­ram Pemkot Bandung be­rupa pengembangan UKM Kota Bandung yang terkenal sebagai pusat In­dustri Kreatif. Sentra Kaos Su­ci ini sangat spe­cial mengingat unsur kreatifitas sangat kental dan ekosistem bisnisnya lebih komplit serta 415 member-nya berkumpul dalam satu area,” ulas Arif men­jelas­kan pemilihan Se­ntra Kaos Suci.

Menyadari tantangan terberat dalam mentrans­formasi dari system pema­saran off-line menjadi on-line atau pemanfaatan inter­net, Telkom menggandeng relawan TIK untuk pen­dampingan dan pembe­lajaran internet bisnis bagi member SKOCI dan ko­munitas UKM lainnya.

“Untuk percepatan pe­mahaman pemanfaatan in­ternet dalam berbisnis, Tel­kom juga mengangkat “Wira Penggerak IT UKM” berko­laborasi de­ngan Relawan TIK komu­nitas UKM yang ada. Se­hingga nantinya, pro­ses training dan pembela­jaran TIK bisa dila­kukan sendiri oleh ko­mu­nitas UKM. Ini salah satu keku­atan Kam­pung UKM Digi­tal, dimana warga dari kam­pung ter­sebut akan man­diri dalam pemanfaatan TIK dalam berbisnis.

“Dengan peluncuran Kam­pung UKM Digital SKOCI ini, Telkom yakin 60 Kampung UKM Digital akan tergelar hingga akhir tahun ini. Ini merupakan salah satu strategi me­leng­kapi program menuju 1 juta UKM ter-digitalisasi pada 2015 ini.

Kampung UKM Digital ini melengkapi berbagai prog­ram pengembangan UKM yang sebelumnya se­dang ber­ja­lan, seperti edu­kasi pemanfaatan TIK bagi UKM di 500 sentra UKM di ber­bagai kota, 100 Kam­pung Nelayan Digital dan Road­show BAGUS Indo­nesia di 30 kota.

“Berbagai program dan gerakan tersebut, meru­pakan persembahan Tel­kom untuk kemajuan UKM Indonesia,” tutup Arif Prabowo.(h/dj)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]