Pemko Diminta Sahkan Ranperda Kurai Limo Jorong


Kamis, 18 Juni 2015 - 18:47:40 WIB

“Memang saat ini Ran­perda tersebut masih di­bahas di DPRD untuk di­jadikan Perda. Kami ber­harap secepat mungkin agar pembahasannya cepat se­lesai. Sebab, para pe­mang­ku adat dan tokoh ma­sya­rakat, telah lama men­dam­bakan Perda tentang sis­tem banagari di Bu­kit­ting­gi,” ujar A Dt Maruhun ke­pada Haluan, Kamis (18/6).

Menurutnya, Perda sis­tem banagari yang digagas oleh Pemko Bukittinggi, bersama ninik mamak, to­koh masyarakat dan cadiak pandai bertujuan sebagai landasan hukum dalam pe­nerapan tatanan sis­tem ba­nagari di Bu­kit­ting­gi. Di­samping itu juga sebagai pengakuan Pemerintah Kota Bu­kittinggi terhadap ma­syarakat hukum adat Nagari Kurai Limo Jorong.

Dengan adanya Perda tersebut, akan  terpelihara dan terlaksananya tatanan adat yang berlaku di Nagari Kurai Limo Jorong. Se­kaligus dapat me­ning­kat­kan  peran nagari Kurai Limo Jorong yang me­ru­pakan kearifan lokal yang ada di kota Bu­kittinggi. “Un­tuk itu kita sangat ber­harap Ranperda tersebut bisa sece­patnya dija­di­kan Perda,” harap Dt Ma­ruhun.

Sementara, Pimpinan Kerapatan Adat Kurai (KAK) Y Dt Yang Pituan me­ngatakan, bahwasanya ninik mamak Kurai Limo Jo­rong  berharap Ran­per­da yang tengah dibahas itu dapat dijadikan Perda. Per­da ini merupakan pe­nga­kuan secara formal ke­be­radaan masyarakat hukum adat nagari Kurai Limo Jorong yang disertai dengan kewenangan, peran dan fung­­­si yang dimiliki.

Menurutnya adapun subs­tansi pokok yang diatur da­lam ranperda ini yakni ba­gaimana bentuk sistem ba­nagari yang akan dilak­sa­nakan di Bu­kittinggi. Serta ke­we­nangan, peran dan fung­si na­ga­ri Ku­rai Li­mo Jo­rong dan struktur kelem­bagaan Na­gari K­ur­ai Li­mo Jorong.

“Kami sangat me­apre­siasi kepemimpinan Ismet Amzis selaku Walikota Bukittingi yang memiliki perhatian yang cukup tinggi terhadap hukum adat ma­syarakat Kurai Limo Jo­rong. Hal ini ditunjukkan dengan dibentuk Ranperda tentang Sistem Banagari di Kurai Limo Jorong. Sebab bagaimanapun antara Kurai Limo Jorong dengan Bu­kittinggi tidak dapat di­pi­sahkan.

“Bukittinggi dengan Ku­rai Lima Jorong ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan,” pungkasnya.  Ter­pisah D Dt Pado Basa juga mengatakan, ke­pemimpinan Ismet Amzis  juga  mampu menjalin komunikasi de­ngan para perantau  di berbagai daerah. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]