KPU Bukittinggi Temukan 367 KTP Ganda


Kamis, 18 Juni 2015 - 18:53:19 WIB
KPU Bukittinggi Temukan 367 KTP Ganda

Yasrul mencontohkan, dukungan ganda yang ditemukan itu misalnya, satu pendukung ditemukan tiga Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Bukittinggi, satu pendukung yang ditemukan dua KTP, dan temuan lainnya.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Menurut Yasrul, dalam mendeteksi dukungan ganda itu, KPU Bukittinggi menggunakan software aplikasi syarat dukungan calon yang telah di­per­siapkan KPU pusat, sehingga melalui cara komputerisasi itu, sangat mudah jika ditemukan adanya pendukung yang memiliki KTP ganda, atau membuat surat dukungan ganda.

“Ada empat poin penelitian yang kami lakukan, diantaranya penilitian jumlah minimal dukungan, penelitian jumlah sebaran lebih dari 50 persen di tingkat kecamatan, penelitian untuk mencocokan softcopy dengan hard copy, serta penelitian syarat dukungan ganda. Kami telah menyelesaikan semua penelitian tersebut dan hasilnya, kami hanya menemukan 367 dukungan ganda itu,” lanjut Yasrul.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Yasrul menambahkan, pada 23 Juni hingga 6 Juli 2015 mendatang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan mela­kukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual dukungan terhadap calon perseorangan.

Sebelumnya, KPU Bukittinggi menutup jadwal penerimaan berkas dukungan bagi calon perseorangan (independen) pada Senin (15/6) lalu. Dari jadwal pembukaan mulai 11 Juni hingga 15 Juni 2015, hanya ada satu pasangan yang menyerahkan berkas dukungan ke KPU Bukittinggi, yakni pasangan Ramlan-Irwandi.

Pasangan Ramlan-Irwandi telah menyerahkan berkas dukungan se­banyak 12.028 lembar kepada KPU Bukittinggi pada hari pertama jadwal pembukaan pada Kamis (11/6) lalu. Ini berarti, jika berkas pasangan Ramlan-Irwandi nantinya dinyatakan valid, maka pasangan Ramlan-Irwandi meru­pakan satu-satunya pasangan calon walikota dan walikota Bukittinggi periode 2015-2020, yang maju melalui jalur perseorangan.

Ramlan Nurmatias merupakan seorang pengusaha dan tokoh masya­rakat Kota Bukittinggi, sementara Irwandi merupakan seorang birokrat profesional, yang pernah menjabat sebagai Sekda Payakumbuh. (h/wan)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]