Pemko tak Mampu Gandeng Pihak Ketiga


Kamis, 18 Juni 2015 - 19:02:24 WIB

Sekretaris Dinas Pasar Kota Padang, Jasman me­ngatakan, permintaan PKL sangat sederhana. “Mereka meminta kepada pemko menyediakan tempat layak dan aman, agar jualan me­reka tidak rusak dan mem­busuk,” ujarnya.

Permintaan tersebut, katanya, sudah disanggupi oleh pemko dan segera mengupayakan pembuatan tem­pat yang layak dari kayu, sehingga PKL dapat men­jajakan dan menyimpan jualan mereka. Memang sam­pai saat ini belum terea­lisasi, karena itu muspika setempat harus bisa men­cari juga jalan keluarnya.

Dari informasi yang beredar di pedagang Pasar Bandar Buat, ada oknum ASN yang melakukan ke­curangan yang mem­per­bolehkan salah satu PKL untuk berjualan di pinggir jalan memang ada. Ini yang membuat pedagang se­ma­kin membandel.

“Selain PKL yang di­bina, ASN yang me­n­jalan­kan penertiban juga harus dibina agar mereka tidak ‘bermain’ di belakang, un­tuk meraup keuntungan dari PKL yang ingin ber­jualan di pinggir jalan,” saran Arsil, pedagang Ban­dar Buat.

Ketua IKKAPI Padang, M. Yani mengatakan, pada dasarnya para PKL sangat tertib akan aturan yang diberlakukan oleh pemko. Asalkan pemerintah dapat mengakomodasi keinginan mereka. “Sebenarnya per­masalahan PKL adalah tem­­pat berjualan yang nya­man dan mudah diakses pembeli. Kalau itu bisa dipenuhi oleh pemko, saya jamin tidak ada PKL yang ber­jualan ditepi jalan,” ujar­nya.

Menurutnya, selama ini PKL selalu kembali ber­jualan di pinggir jalan, ka­rena pemerintah tidak me­nyiapkan tempat yang layak untuk berjualan. Selain itu, banyak oknum instansi pemerintah yang tidak adil dalam menertibkan PKL yang masih berjualan di pinggir jalan.

“Tentunya, kalau ada perjanjian tertulis baik an­tara PKL dan pemko. Maka, apabila salah satunya me­langgar sanksi haruslah ditegakkan. Jangan tebang pilih,” nilainya.

Beberapa waktu lalu Walikota Padang, Mah­yeldi Ansharullah me­nyam­­pai­kan pihaknya telah berkali-kali mela­kukan penataan dan merapikan pasar ter­sebut. Masalah utama di Pa­sar Bandar Buat tidak hanya keberadaan PKL, akan teta­pi diakui wako, masalah di pasar tersebut cukup serius dan kompleks. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]