DPRD Dorong Kendaraan Non-BA Sumbang PAD


Kamis, 18 Juni 2015 - 19:26:17 WIB

“Aktivitas kendaraan dari luar daerah tersebut sedikit banyaknya telah ikut menyebabkan kerusakan jalan pada wilayah kita. Namun kendaraan yang biasanya datang dari provinsi tetangga tersebut belum memberi kontribusi atau menyumbang atas PAD kita,” paparnya.

Supardi memperkirakan dalam sehari total ken­daraan Non BA yang melintas di Sumbar mencapai ratusan. “Jika mereka bisa didorong untuk memberi pemasukan untuk Sumbar, kontribusi yang diberi untuk meningkatkan PAD Sumbar tentunya juga tidaklah sedikit. Tapi semua tergantung pemerintah daerah, apakah mampu melakukan itu atau tidak,” terangnya.

Sekaitan dengan ini, tambahnya lagi, ke depan Dinas Perhubungan diminta mendata setiap kendaraan Non BA yang kerap melakukan aktivitas di Sumbar. Untuk selanjutnya didorong turut memberi sumbangan atas PAD. “Sesungguhnya agenda mensosialisasikan per­soalan ini telah ada dinas perhubungan. Namun yang disayangkan hal itu sepertinya tak dilakukan oleh dinas bersangkutan, dan jujurnya ini sangat mengecewakan kami,” tandas Supardi

Hal tak jauh berbeda juga disampaikan oleh Anggota Komisi III DPRD Sumbar, Albert Hendra Lukman. Bicara tentang aturan, sebut Albert, saat ini memang belum ada regulasi yang mewajibkan kendaraan Non BA harus memberi masukan terhadap PAD di Sumbar.

“Selain itu, sebagai yang berdiam pada negara yang sama, masyarakat antar provinsi satu dengan yang lain tentunya adalah satu kesatuan. Dengan begitu tak ada aturan juga yang dilanggar ketika mobil-mobil tersebut melewati daerah kita,” kata Albert.

Kendati demikian, lanjut Albert, bukan berarti Sumbar tak bisa dapat apa-apa dari kendaraan yang  turut menyumbang kerusakan pada badan-badan jalan tersebut. Menurutnya pemerintah bisa mencari jalan lain untuk membuat kendaraan Non BA  agar ikut serta ber­kontribusi terhadap PAD. (h/mg-len)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]