Railbus Duku – BIM Terhadang 17 Lahan


Kamis, 18 Juni 2015 - 19:28:32 WIB
Railbus Duku – BIM Terhadang 17 Lahan

“Untuk ground breaking stasiun kita targetkan pada Juli nanti sudah bisa dilakukan. Untuk tanah yang masih bebas tentu harus segera kita sterilkan,”  ungkapnya Kamis (18/6) saat ditemui Haluan di ruangannya.

Baca Juga : Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Dilanjutkannya, untuk pengerjaan proyek Duku – BIM ini terus berjalan di area yang telah dibebaskan. Seperti, pembangunan jembatan yang sudah diram­pungkan pengerjaannya. “Setelah semuanya tuntas nanti sekalian untuk rel saja lagi,”  tambahnya.

Kendala lahan yang saat ini terjadi kata Amran, hanya permasalahan kecocokan ganti rugi lahan dengan warga yang memiliki lahan. “Kita akan bertegas-tegas untuk ini, karena proyek ini harus segera dilakukan,” paparnya.

Baca Juga : Mantap! Rutan Anak Aia Padang Bagikan Baju Lebaran untuk WBP

Sumbar mendapat alokasi dana dari pemerintah pusat sebesar Rp67 miliar untuk jalur kereta api Duku menuju BIM. Namun pembangunan tersebut masih terkendala karena belum tuntasnya pembebasan lahan sepanjang 4,2 km

Pemerintah pusat menyetujui pembangunan jalur kereta api Duku-BIM itu dalam Mus­ren­bang Nasional yang dihadiri seluruh kepala daerah, baik gubernur maupun bupati/wali­kota di Jakarta.

Sedangkan persoalan ganti rugi bangunan milik masyarakat dibicarakan dengan masyarakat setempat bersama Tim Sem­bilan yang terdiri dari Pemkab Padang Pariaman, tokoh masya­rakat setempat dan pihak terkait lainnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]