Tumbuh Kembangkan Minat Kemaritiman


Jumat, 19 Juni 2015 - 17:19:13 WIB
Tumbuh Kembangkan Minat Kemaritiman

Menurut Herry Zulman, M. Si Wakil Direktur AMSS selama ini disektor ke­ma­ri­timan kita cukup minim, ini di sebabkan tingginya ke­bu­tuhan pokok karena meng­gunakan bahan solar, maka dari itu AMSS Padang se­dang merancang sedemikian bahan dari solar dialihkan ke energy mikro, dengan menggunakan air laut bah­kan energy Hidro, karena Indonesia Kaya de­ngan su­m­ber daya alam di bentangi oleh bukit barisan agar bisa mengurangi ke­butuhan solar supaya kita tidak k­e­ter­gan­tungan lagi, sehingga dapat mengurangi biaya kom­sum­si 5-10 persen maka biaya semakin murah, terang Herry.

Baca Juga : Afrizal Tamboresi, Bahagia Melihat Orang Bahagia

“ Saat ini satu impian dan cita-cita AMSS Padang yang belum terwujud, yaitu me­miliki mesin simulator per­ka­palan. Andaikan si­mu­lator ini terwujud dan ada di AMSS Padang, InsyaAllah kita akan jauh berkembang, namun karena biaya yang cukup besar kami meminta solusi dari pemerintah agar ditahun 2015-2016 ini bisa kita wujudkan”,harap Herry.

Sementara itu Aulia Fe­rzy-ATT II mengatakan, bangsa Indonesia ini sedang bahkan sangat banyak mem­­butuhkan tenaga pe­laut, se­dang­kan jumlah Aka­demi Maritim di Indo­nesia hanya 32 Akademi tentu sangat jauh dari hara­pan kita se­mua.  Maka dari itu, AMSS Padang ber­ko­mitmen men­cetak secepat dan sebanyak-banyaknya Lulusan Ma­ri­tim, dengan keahlian dan kemampuan yang siap pakai setelah ta­mat tentunya, ujar Kapt Harmon.

Baca Juga : Penginapan di Pantai Anyer 

“ Sebenarnya Lulusan Akademi Maritim banyak bekerja di Indonesia, namun setelah mereka ber­penga­laman kemudian punya link keluar ditambah lagi dengan gaji yang lumayan besar di luar Negeri, makanya me­reka bekerja dengan pihak asing atau Luar Negeri. Ini­lah yang membuat ber­ku­rang­nya “ucapnya.

Untuk menghadapi per­saingan pasar bebas dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), civitas akademika AMSS Padang punya pro­gram andalan dalam pe­ningkatan mutu dan kualitas para taruna/ni, yaitu ber­bahasa Inggris khusus setiap hari senin seharian di ling­kung­an kampus (Sunday Full Day Practice Speaking Eng­lish) bahkan tidak ter­tutup kemungkinan setiap hari, untuk ujian akhir juga diwajibkan bagi Taruna/ni lulus TOFEl 450 poin. An­dai­kata mereka sudah ter­biasa berbahasa Inggris ten­tu untung dan manfaatnya buat mereka agar bisa ber­saing dengan bangsa asing nantinya serta melahirkan lulusan yang mumpuni.

AMSS Padang sendiri sudah bekerja sama dengan Singapura Baltic Achie­ffing, ltd. Disamping me­reka yang selalu menerima lulusan AMSS juga tahun ini mem­berikan buku se­banyak 50 eks berstandard Inter­nasio­nal andaikan jum­lah rupiah­nya sebanyak 400 juta. Di­sam­ping itu, para alumni AMSS Padang mereka sudah banyak b­ekerja di beberapa Negara diantaranya, Qatar, Dubai, Myanmar, Korea, Jepang, Vietnam, Hong­kong, Ame­rika, Norwegia, Uniemiran Arab, Malaysia dan Singa­pura., bahkan ada juga di dinas kelautan, per­hu­bung­an dan Bea Cukai, Tentu ini kebanggaan bagi AMSS Pa­dang-Sumbar pa­da khu­sunya dan Indonesia pa­da umumnya, tutup Herry. (**)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]