Dudukkan Kembali Konsep Babaliak ka Surau


Jumat, 19 Juni 2015 - 17:26:48 WIB
Dudukkan Kembali Konsep Babaliak ka Surau

Selama ini lanjutnya, ia melihat hal-hal seperti itu yang masih belum duduk. Apa yang diharapkan semakin tak berjalan karena perkembangan zaman yang semakin pesat, serta turut pula merubah pola belajar yang selama ini dipakai orang Minang. Salah satunya bisa dilihat dalam hal proses belajar agama. Jika dulunya anak-anak Minang belajar agama di surau, sekarang lebih banyak dilakukan di TPA-TPA atau masjid.

Baca Juga : Iedul Fithri: Geliat Ekonomi, Momentum Keluar Resesi

“Keadaan ini, mau tak mau juga membawa konsep kembali ke surau yang selama ini di­gaungkan turut memudar,” katanya.

Tak hanya itu tambah Raudah, hal lain yang juga menyebabkan pencanangan kembali ke surau belum berjalan sesuai harapan adalah ku­rangnya kesadaran masyarakat untuk me­les­tarikan kebudayaan mereka. Dalam hal ini, antara adat dan agama adalah sesuatu yang tak ter­pisahkan dalam kehidupan masyarakat Mi­nangkabau.

Baca Juga : Pembangunan dan Keadilan bagi Padagang Kaki Lima

Begitu juga dengan konsep kembali ke surau, jelas Raudah, selain mendukung hal yang ber­hubungan dengan pendalaman agama, konsep tersebut juga berkaitan dengan bu­da­ya masyarakat Minang yang sejak dahulu telah menjadikan surau sebagai tempat untuk menimba ilmu.

“Ilmu yang dipelajari di surau bukanlah semata tentang agama saja, tapi juga pengetahuan tentang bagaimana hidup di masyarakat, bersikap dengan yang lebih tua, dan banyak yang lain. Semua itu juga berkaitan erat dengan budaya yang dianut masyarakat Minang dahulu. Saat konsep kembali ke surau sulit untuk dijalankan, sama halnya kebudayaan masyarakat Minang itu sendiri yang juga telah memudar,” paparnya.

Guna mengatasi persoalan ini, menurut Raudah Taib, semua elemen masyarakat ha­rus duduk bersama dan mengkaji kembali konsep babaliak ka surau itu sendiri. “Harus dikaji kembali roh babaliak ka surau itu sebenarnya apa. Mau dibawa kemana, dan seperti apa pe­nerapannya,” pungkasnya. (h/mg-len)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]