Ratusan Mercon Diamankan Tim Gabungan Polresta


Jumat, 19 Juni 2015 - 19:07:42 WIB
Ratusan Mercon Diamankan Tim Gabungan Polresta

Sebelum mengamankan petasan, kata Wisnu, terlebih dahulu petugas mengujinya di hawa panas (jalan aspal,red). Apabila petasan itu meledak seperti ledakan bom, maka petugas mengamankannya. Razia tersebut akan terus berkelanjutan, demi mencegah meluasnya peredaran petasan. Lebih lanjut dikatakan Wisnu Andayana, pihaknya menyita ratusan lusin petasan atau mercon dari berbagai merek, seperti petasan Hercules dan Happy Flower yang menge­luarkan suara ledakan lebih keras dibandingkan petasan lainnya.

Baca Juga : Di Padang, 42 Kawasan Ini Tak Boleh Menggelar Salat Ied di Masjid dan Lapangan

Razia tersebut, lanjutnya, berdasarkan instruksi langsung dari Mabes Polri terkait larangan perederan petasan, sehingga Polresta Padang dan jajaran juga turut terjun langsung merazia sejumlah toko yang menjual petasan. “Petasan yang disita sangat berbahaya sekali, karena ledakannya kuat. Kemudian ciri-ciri petasan itu berbobot 20 gram, dengan ukuran 2 sampai 8 inci dan itu isi dari mesiunya lebih dari 2 gram, sehingga sangat membahayakan,” terangnya.

Polri sudah menetapkan petasan sebagai salah satu ancaman gangguan keamanan di bulan Ramadan. Khususnya, gangguan terhadap kegiatan pada malam dan dini hari, seperti tarawih dan waktu sahur. Tak hanya itu, petasan tersebut juga membahayakan diri para penyulut maupun orang di sekitarnya. (h/nas)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]