Pembangunan Mapat Tunggul Dilanjutkan


Ahad, 21 Juni 2015 - 18:16:23 WIB

“Kita berupaya akhir tahun 2015 ini, infra­struk­tur dan fasilitas umum bisa kita lengkapi di seluruh kecamatan, sesuai kebutu­hannya. Jika memang be­lum kelar hingga akhir ta­hun ini, sudah kita upa­yakan bisa tertampung da­lam APBD tahun 2016 yang tengah disusun bersama tim TAPD,” ujar Bupati Pasa­man, Benny Utama.

Hal tersebut dijelaskan Bupati Benny Utama disaat kunjungan kerjanya me­ninjau sejumlah jorong di Kecamatan Mapat Tunggul, Minggu lalu.

Menurut Benny Utama, Pemkab Pasaman harus bekerja ekstra dan cepat, jika ingin memajukan dae­rah ini. Karena kabupaten paling utara di Sumatera Barat ini, nyaris tidak men­dapat sentuhan investasi pihak swasta. Pembangunan Pasaman hanya mengan­dal­kan DAU (Dana Alokasi Khu­sus) yang dikucurkan pemerintah pusat. “Jika daerah ini tidak dimenej secara baik dan transparan, maka Pa­saman akan jalan di tempat dan mustahil men­capai kemajuan sesuai yang diharapkan mas­yarakat,” sebutnya.

Kunjungan Bupati Ben­ny Utama bersama SKPD teknisnya, terlihat sangat melelahkan dan cukup meng­­harukan. Jorong Bo­tung Bu­suk, Sibintayan, Kubu Baru, Soma dan ter­akhir di Kam­pung Tangah, Nagari Muaro Tais, Keca­matan Mapat Tung­gul di jajal Benny Utama.

Berangkat dengan sem­bilan unit mobil dari Lubuk Sikaping, rom­bongan Pem­kab Pasaman bertolak me­nuju Kecamatan Mapat Tung­gul, dalam rangka me­ninjau sejumlah lokasi yang akan dibangun melalui APBD Pasaman tahun ini. Namun setelah melewati Jorong Botung Busuk, me­nuju Sibintayan, rombo­ngan mulai terpecah, karena hanya mobil doble garden saja yang bisa menembus kawasan itu.

“Di Jorong Sibintayan, Pak Bupati meresmikan MDA Al Falah dan me­ninjau beberapa lokasi pem­bangunan yang sedang dan akan dilaksanakan ta­hun 2015 ini,” ujar Kabag Humas Budhi Hermawan.

Dari Sibintayan, bupati bersama rombongan me­lanjutkan ‘tour’ ke Jorong Kubu Baru dan Soma. Na­mun dalam ‘etape’ lanjutan ini, bupati Benny memilih menggunakan motor Tra­bas. “Mobil disuruh balik kanan dan menunggu di Jorong Kampung Tangah, sebagai daerah terakhir dalam kunker bupati ke Mapat Tunggul,” sebut Ka­bag Humas.

Kunjungan Bupati Pasa­man, membuat Jorong Kam­pung Tangah terlihat beda dari biasanya. Kam­pung yang memanjang di­pinggir Batang Tibawan tersebut tampak ramai, bah­kan boleh dibilang sangat ramai untuk ukuran Kam­pung Tangah yang selama ini sepi. Ribuan warga, ter­masuk masyarakat dari jo­rong-jorong sekitar Kam­pung Tangah, memadati lokasi pasar setempat. Tiga unit los pasar berukuran cukup besar tersebut, sudah dijejer piring, gelas dan kobokan cuci tangan.

“Malam ini kami melak­sanakan acara syukuran dengan menyemblih seekor sapi guna menyambut bulan suci Ramadan, dengan turut mengundang Pak Bupati,” ujar Muklis, pemuka mas­yarakat setempat. Dalam acara tersebut masyarakat Nagari Muaro Tais berharap agar Benny Utama mau me­lanjutkan kepemimpinannya di Pasaman.  (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]