Setiap TPS Bakal Dikawal Ketat


Ahad, 21 Juni 2015 - 18:20:55 WIB
Setiap TPS Bakal Dikawal Ketat

“Pada penyelenggaraan pemilihan sebelumnya Pan­­was tidak memiliki anggota untuk mengawasi setiap TPS. Pengawasan pada se­tiap TPS  mengacu pada Undang Undang (UU) No­mor 8 tahun 2015. In­i me­mang bukan pe­ker­jaan mu­dah, namun Panwas komit untuk menjaga ke­lang­su­ngan pemilahan yang adil, jujur, bebas dari ke­cu­rangan,” kata Elvis.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

Menurutnya, petugas khu­sus untuk mengawasi TPS tersebut bakal direkrut lebih kurang 23 hari se­belum pemilihan, mereka bertugas hingga tujuh hari setelah pemilihan ber­lang­sung.

“Petugas pengawas TPS bekerja lebih kurang satu bulan. Kami berharap me­reka bisa mengemban pe­kerjaan dan tanggung jawab dengan baik,” jelasnya.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

Menurut, Elvis, secara umum tugas Panwas pada penyelenggaran pemilahan pada kali ini juga memiliki sedikit perbedaan dari pada sebelumnya. Dulu target pe­kerjaan Panwas lebih men­ge­depankan penemuan pe­lang­garan, serta tindak lan­jutnya. Sementara se­ka­rang, Panwas le­bih me­nge­depankan fung­si  pen­cegahan pelanggaran. Dulu ada sekitar 1.125 TPS,  namun KPU ten­tunya ba­kal melakukan pemu­takhi­ran kembali.

Dikatakannya, untuk saat ini Panwas tengah mela­kukan seleksi kepada bakal calon panitia pengawas ke­camatan yang diikuti lebih kurang sebanyak 181 orang peserta. Nantinya mereka bakal ditempatkan, lebih kurang lima hingga enam orang pada setiap kecamatan di Kabupaten Agam.

“Panwascam, akan be­kerja melakukan pe­nga­wasan pada tingkat ke­camatan,” katanya. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]