220 Ribu Warga Palestina Salat Jumat di Al Aqsa


Ahad, 21 Juni 2015 - 18:29:03 WIB

Maslmani tinggal di Nablus. Ia berjalan selama tiga jam untuk sampai ke Masjid Al Aqsa. Ia berencana menikmati setiap menit di dalam masjid suci itu. “Kami akan makan fateer dan salat Taraweh sebelum me­ninggalkan masjid ini,” ujarnya. Salima Ahmad, warga Tepi Barat, mengatakan; “Saya menangis ketika memasuki kompleks Masjid Al Aqsa.” Ia berjanji akan datang ke Masjid Al Aqsa setiap Jumat selama Ramadan.

Pasar di Yerusalem dibuka pada Jumat (19/6) untuk menerima ribuan jamaah dari Tepi Barat. Ahmad Gaith, pedagang kota tua Yerusalem, mengatakan ribuan orang dari seluruh negeri memasuki Yerusalem sejak pagi. “Mereka membeli apa saja di pasar,” ujarnya.

“Kami kerap merindukan Ramadan di Yerusalem, untuk merasakan kota tua yang tak pernah tidur selama 24 jam,” ujarnya. Sheikh Azzam al Khatib, Direktur Jenderal Wakaf Muslim dan Urusan Al Aqsa, mengatakan, sekitar 100 ribu warga Tepi Barat dipastikan bertahan di Yerusalen untuk menunaikan salat tarawih.

Israel juga mengijinkan sekitar 500 warga Palestina dari Jalur Gaza mengunjungi Al Aqsa. “Aku tidak percaya berada di Yerusalem dan menunaikan salat Jumat,” ujar Issam Zayyan, pria usia 55 tahun dari Khan Younis. “Ini kunjungan pertama saya ke Yerusalem dalam 17 tahun terakhir, dan akan menjadi hari terbaik dalam hidup saya,” katanya. Israel menududuki Yerusalem Timur sejak 1967, dan mencaplok kota suci itu tahun 1980, dan mengklaim sebagai ibu kota Israel. (h/inl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]