AJI Kecam Tindakan Petugas Bulog


Ahad, 21 Juni 2015 - 18:42:05 WIB

Menurut William Abib yang akrab disapa Willy, pengancaman bermula saat ia dan rekannya sesama jurnalis hendak me­wa­wan­carai pihak Bulog Ka­bu­paten Pasaman terkait ke­ter­sediaan beras selama Ra­madan. Namun saat sedang mewawancarai wakil pim­pinan Bulog Pasaman ber­nama Yones Esva, tiba-tiba Yel datang dan memarahi serta mendorong kedua jurnalis tersebut. Tidak sampai di situ, Yel lalu mengatakan ingin me­nan­tang wartawan  untuk ber­duel dengannya.

Sebelumnya, kata Willy, ia dan rekannya dilayani dengan baik oleh Yones. Di tengah wawancara dan pe­ngambilan foto gudang, tiba-tiba saja Yel yang dikabarkan pegawai distribusi bulog Pa­saman datang me­ngen­darai Mobil Avanza ber­warna hi­tam dan langsung mem­ben­tak-bentak dan men­do­rongnya. Anehnya, melihat tindakan Yel, Yones hanya diam dan menutup gudang.

Pasca kejadian itu, ke­dua jurnalis telah melapor ke Polres Pasaman pada Sabtu (21/6) pada pukul 11.00 WIB. AJI Padang me­nilai, tindakan men­g­halangi ke­giatan jurnalis ha­rus dipidana seperti ter­cantum dalam pasal 18 ayat 1 yang berbunyi, setiap  orang yang secara  me­lawan hu­kum de­ngan se­ngaja melakukan tin­dakan yang berakibat  meng­ham­bat atau menghalangi pe­lak­sa­naan ketentuan Pasal 4 ayat 2 dan 3, dipidana  dengan  pidana  penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp500.­000.000,00 (Lima ratus juta rupiah)

Untuk itu, AJI Padang melalui Ketua AJI Padang Yuafriza dan Koordinator Advokasi AJI Padang Ger­son Merari Saleleubaja me­nga­jukan empat poin de­sakan kepada pihak terkait.

Pertama, AJI meminta Kepala Bulog Kabupaten Pasaman segera meminta maaf kepada wartawan dan media tempat kedua jur­nalis bekerja. Kedua, Ke­pala Bulog Kabupaten Pa­saman harus memberikan sanksi kepada petugas yang tidak meng­hargai profesi jurnalis. Ketiga, semua pi­hak diminta men­jalankan ketentuan UU No­mor 14 Tahun 2008 ten­tang keterbukaan informasi pu­blik. Keempat, Kapolres Kabupaten Pasaman diminta agar segera menindak pelaku pengancaman sesuai dengan pasal 18 ayat 1 UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers. (h/mg-isq)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Juni 2019 - 22:32:31 WIB

    Paling Rawan Macet, Pemko Padang Kaji Pelebaran Jalan Perintis Jati

    Paling Rawan Macet, Pemko Padang Kaji Pelebaran Jalan Perintis Jati PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemko Padang sedang mempersiapkan perlebaran beberapa ruas jalan dibeberapa lokasi yang semakin padat dilalui kendaraan. Salah satunya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jati yang terus padat dan mace.
  • Rabu, 15 Agustus 2018 - 22:36:56 WIB

    Solidaritas Lombok, AJI Padang Gelar Nobar

    Solidaritas Lombok, AJI Padang Gelar Nobar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang menggelar nonton bareng (nobar) film dokumenter produksi WatchDoc yang berjudul Made In Siberut di Rumah Ikhlas, Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur,.
  • Senin, 02 Juli 2018 - 14:28:00 WIB

    Rp49 Miliar Dianggarkan, ASN Pemko Terima Gaji ke-13 Pekan Ini

    Rp49 Miliar Dianggarkan, ASN Pemko Terima Gaji ke-13 Pekan Ini PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemko Padang segera membayarkan hak gaji ke-13 untuk 9.000 lebih Aparatur Sipil Negara (ASN) pekan ini. Setidaknya anggaran Rp49 miliar siap dikucurkan, dan diharapkan bisa dimanfaatkan untuk memenu.
  • Jumat, 02 Februari 2018 - 09:44:26 WIB

    Wakil Rakyat Kaji Kasus Tanah Maboet

    Wakil Rakyat Kaji Kasus Tanah Maboet PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon mengadakan pertemuan dengan perwakilan masyarakat Forum Nagari Tigo Sandiang di Aula Universitas Baitturahmah, Kamis (1/2). Kedatangan politisi Gerindra itu untuk menden.
  • Jumat, 22 September 2017 - 18:00:12 WIB

    Walikota Padang Wajibkan Pelajar Nonton G30S/PKI

    Walikota Padang Wajibkan Pelajar Nonton G30S/PKI PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mendukung pemutaran film G 30 S/PKI. Malahan, Orang nomor satu di Padang ini mewajibkan seluruh siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk ikut meno.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM