TPR di Bahu Jalan Salahi Aturan


Ahad, 21 Juni 2015 - 18:43:11 WIB

Amran mengakui, pihak­nya telah berulang kali me­nyu­rati pemerintah Kabu­paten/Kota terkait masalah TPR tersebut. Tetapi tidak mendapatkan respon yang baik. “Padahal dalam aturan­nya, harus dibuat di luar jalan. Tetapi faktanya ba­nyak TPR yang dibangun di bahu jalan,” ujarnya. Dalam UU tentang jalan, tidak diatur siapa yang bisa memberikan sanksi pada pelanggar aturan tersebut sehingga Pem­prov kesulitan untuk menindak TPR yang menyalahi aturan itu.

Sementara, Kepala Bi­dang Prasarana Jalan dan Jembatan Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pe­mukiman (Pras­jaltarkim) Sum­­bar, Indra Jaya menilai, semua TPR yang beroperasi di Ja­lan Provinsi menyalahi atu­ran. Meski de­mikian, Pemp­rov Sumbar juga tidak ber­daya untuk penertibannya.

Menurutnya, pengo­pe­ra­sian TPR tersebut harus melihat kepada aturan Un­dang-indang No 38 Tahun 2004 dan PP Nomor 34 tahun 2006 tentang Jalan. Semen­tara, pendirian TPT nantinya juga harus mengacu kepada Perda Provinsi Sumbar, yang saat tengah dibahas.

Dalam aturan itu dise­butkan semua pihak yang ingin menggunakan bagian jalan, termasuk bahu jalan, untuk kepen­tingan apapun seperti kegiatan TPR, harus meminta izin kepada penge­lola jalan.

Dijelaskannya, kalaupun ada yang berupaya untuk meminta izin, pasti tidak akan diizinkan, karena pem­bangu­nan TPR di jalan provinsi memang tidak dibenarkan secara aturan. Tapi, disisi lain Pemprov Sumbar juga me­mahami TPR tersebut me­rupakan salah satu pen­da­patan bagi daerah. Tetapi pem­bangunannya harus di­sesuaikan juga dengan aturan.

“Banyak sisi negatif yang bisa terjadi jika dinas terkait membuat TPR di jalan pro­vinsi. Pertama bisa me­nye­babkan macet atau kece­lakaan. Kemudian, aki­bat beban ken­daraan saat pe­nge­­reman, akan ber­pe­ng­a­ruh pada keta­hanan jalan,” ujarnya.

Mengantisipasi hal ini, Pemprov Sumbar saat ini sedang menggodok Pera­turan Daerah tentang jalan. Perda ini akan memberikan kuasa kepada Satpol PP Sumbar untuk menindak semua penya­lahgunaan ja­lan di wilayah ini. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]