Uang Palsu Mulai Beredar


Senin, 22 Juni 2015 - 18:22:12 WIB

Dikatakannya, jelang le­ba­ran ini memang marak sekali peredaran uang pal­su. Untuk itu, diminta ke­was­padaan kepada seluruh lapi­san masyarakat terha­dap uang palsu yang tiada nilai­nya ini.

Dijelaskan Puji, untuk peredaran uang palsu di Sumbar yang sudah masuk datanya ke BI, tercatat ada­nya kenaikan grafik yang cukup besar. Pada tahun 2010 terdapat sebanyak 135 lembar uang palsu. Dan pada tahun 2011 naik seba­nyak 388 lembar uang palsu. “Grafiknya naik terus se­hingga pada tahun 2014 kemarin, terdapat sebanyak 607 lembar uang palsu. Kita tidak bisa menyebutkan nilainya, namun lembarnya saja karena uang palsu ha­nya seonggok kertas yang tidak bernilai,” papar Puji.

Lebih lanjut Puji men­jelaskan, pada 2015 hingga Mei, terdapat sebanyak 268 lembar uang palsu mulai dari pecahan kecil hingga besar. “Jadi uang palsu tidak hanya pecahan besar saja, namun juga pecahan kecil juga ada supaya tidak men­curigakan barangkali,” tam­bahnya.

Sementara itu, pantauan Haluan, Senin (22/6) dibe­berapa pedagang di Pasar Raya Padang belum ter­dapat adanya ditemukan uang palsu.

Salah seorang pedagang P & D, Oyong yang menga­takan bahwa belum ada me­ne­mukan uang palsu beredar selama ini. “Sepe­ngetahuan saya belum ada pelanggan yang belanja menggunakan uang palsu. Atau bisa jadi saya yang tidak memper­hatikan­nya,” ujarnya.

Oyong mengatakan, ke depan ia akan lebih mem­perhatikan ciri-ciri uang asli untuk keamanan dan ke­nyamanannya.

Sama halnya dengan yang dikatakan Il, seorang pedagang sembako yang mengatakan belum ada me­nemukan uang palsu yang sudah meresahkan masya­rakat. “Selama ini belum ada. Bahkan saya tidak tahu bentuk uang palsu terse­but,” ungkapnya. (h/mg-win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]