Soekarno-Hatta dan Sudirman Jadi Kekuatan Payakumbuh


Senin, 22 Juni 2015 - 18:23:16 WIB

Berdasarkan data yang ada, sekarang ini tercatat sekitar 300 UMKM yang membuka usaha di Jalan Sukarno-Hatta, sepanjang le­bih kurang 5 Km. Ba­ngunan rumah sudah di­renovasi pemiliknya me­n­jadi ruko. Di malam hari, jalan ini menjadi hidup, karena nyaris di sepanjang jalan menjamur kafe atau ke­dai minuman yang men­ jorok hingga ke pinggir trotoar. Beberapa tahun ke depan, suasana di kawasan Koto nan Ampek ini, akan mirip  Legian di Kota Bali atau Pacenongan Jakarta.

Agar tak berat sebelah, Walikota Riza Falepi juga memberi peluang kepada investor untuk  ekspansi ke Jalan Sudirman Paya­kum­buh, terutama dari Simpang Benteng hingga Simpang Kaniang Bukik. Sejak Jalan Sudirman diperlebar seta­hun lalu, hingga sekarang kawasan Nagari Koto nan Gadang ini, mulai me­nga­rah sebagai pusat pertum­buhan ekonomi baru.

Setahun ke depan, se­telah rampung pengerjaan pele­baran Jalan Sudirman, dipre­diksi akan menyamai per­tum­buhan ekonomi se­per­ti di Jalan Soekarno-Hatta. Pele­baran Jalan Su­dirman Payakumbuh, dise­but wali­kota, akan rampung sekitar Oktober men­da­tang. Saat itu, jalan ini akan bertambah lebar menjadi 8 meter per jalur.

“Masyarakat yang ber­domisili di Jalan Sudirman, harus mampu menangkap pe­luang ekonomi ter­se­but. Masyarakat dimo­tiva­si untuk merenovasi ba­ngunan rumahnya, berubah menjadi ruko. Belakangan ini, di ruas Jalan Sudirman, su­dah muncul Soerabi Ban­dung dan studio foto serta beberapa toko penjual ber­bagai jenis barang kebu­tuhan lainnya. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]