Pessel Sosialisasikan Kawasan Konservasi Buaya


Senin, 22 Juni 2015 - 18:26:21 WIB

Menurut Samwil, sebelumnya telah dilakukan pe­metaan zona kawasan waspada oleh pe­me­rintah, beberapa titik lokasi yang menjadi tempat bermain binatang buas ini bahkan perlu pe­ngamab. Tujuanya agar binatang reptil yang dilindungi itu, bisa terkendali. Disamping juga dapat dijadikan sebagai kawasan konservasi.

Tokoh masyarakat Silaut Kusmanto mengata­kan pengendalian terhadap binatang buas jenis buaya sepanjang aliran sungai Batang Silaut  tepatnya di Nagari Airhitam dan Simbungo, termasuk juga di beberapa titik di Batang Sindang Nagari Lunang Kecamatan Lunang, sudah jadi kebutuhan.

“ Setiap tahun jumlah kawanan buaya yang terdapat disepanjang aliran Batang Silaut di Nagari Airhitam dan Nagari Simbungo, serta dibeberapa titik di sungai Batang Sindang di Kecamatan Lunang selalu bertambah. Karena alam habitatnya dekat atau berdampingan dengan pemukiman penduduk, sehingga perlu dilakukan pengendalian,” harapnya.

Dijelaskanya, sebagian ada yang masuk ke kawasan pemukiman penduduk seperti di saluran-saluran pembuangan limbah rumah tangga, parit-parit dan saluran irigasi pertanian. Bila lengah sedikit saja, maka nyawa yang menjadi taruhanya.

“ Di dua kecamatan ini, yakni Silaut dan Lunang, memang tidak mengherankan jika ditemui ada buaya yang masuk kampung mencari mangsa. Sebab rawa-rawa yang berada dis­epanj­ang aliran sungai di dua kecamatan ini merupakan tempatnya berkembang biak, serta juga dekat dengan pemukiman penduduk,” katanya.

Menanggapi kondisi itu, Bupati Pessel, Nasrul Abit mengatakan bahwa pihaknya sudah meren­canakan beberapa titik lokasi yang menjadi tempat berkembangbiaknya kawaan buaya di dua kecamatan itu sebagai lokasi kanservasi dan penangkaran.

Rencana konservasi dan penangkaran buaya Kecamatan Silaut dan Lunang,dikatakanya  juga sudah dibahas dengan beberapa tokoh masyarakat di daerah itu, termasuk juga dengan Mandeh Rubiah. Para tokoh masyarakat dan Mandeh Rubiah pada prinsipnya setuju terhadap upaya Pemkab Pessel untuk mengendalikan buaya lokasi itu. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]