450 Ha Areal Pertanian Terancam Kekeringan


Senin, 22 Juni 2015 - 18:44:20 WIB

Pihaknya mengkha­wa­tir­kan pada Juli mendatang akan masuk musim kema­rau. Jika pipa berdiameter sekitar 80 centimeter ter­sebut tidak segera di­per­baiki diprediksi akan me­nimbulkan dampak yang buruk terhadap petani se­tem­pat. “Kami telah turun­kan tim ke lapangan dan menyampaikan laporannya ke Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah Kabu­pa­ten Tanah Datar, karena ini me­ru­pakan bencana, per­bai­kan­nya tidak melalui Di­­nas Per­ta­nian,” sebut Edi.

Kepala Badan Penang­gu­langan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Mukhlis juga mengatakan, terkait rencana rehabilitasi saluran irigasi yang rusak akibat bencana longsor di Pangian beberapa waktu lalu, BPBD telah merekomendasikan ke Balai Sungai Ke­men­terian Pe­kerjaan Umum. “Tim Balai Su­ngai ini telah tu­run ke la­pangan mela­kukan sur­vey. Pipa aliran iri­gasi yang di­him­­pit batu be­sar saat ben­ca­na longsor ter­sebut telah dili­hat­nya, be­ba­tuan long­soran juga me­nimbun sungai. Ini memang ter­golong bencana me­ne­ngah, namun karena ber­dampak besar pada ma­syarakat ma­ka penangan­annya langsung oleh Pu­sat,”sebut Muklis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumbar, Ali Musri merencanakan akan membangun irigasi untuk pengairan petani di Ngalau Pangian, Tanah Da­tar. “Ka­lau kondisinya ali­ran air sungai terhambat akibat longsor itu masih we­wenang BPBD karena ma­sih masuk tanggap daru­rat,” terang Ali Musri kepa­da Ha­luan Senin (22/6) siang.

Dilanjutkannya, setelah masa tanggap longsor ini selesai baru PSDA bisa me­ren­canakan untuk pem­ba­ngunan irigasi di ngalau Pangian, Tanah Datar terse­but. “Air untuk kebutuhan petani nantinya akan lancar apabila irigasi sudah di­bangun,” terangnya. (h/mg-isr/fma)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Mei 2019 - 22:06:58 WIB

    BNI Wilayah Padang Siapkan Rp450 Miliar Antisipasi Transaksi Maksimal Nasabah Saat Lebaran

    BNI Wilayah Padang Siapkan Rp450 Miliar Antisipasi Transaksi Maksimal Nasabah Saat Lebaran PADANG, HARIANHALUAN.COM – Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai di masyarakat pada libur bersama Lebaran Idul Fitri 1440 H/2019, BNI Wilayah Padang (Sumbar-Riau-Kepri-Kerinci) menyiapkan dana sekitar Rp450 miliar. Di s.
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 05:15:04 WIB

    450 CJH Solok Raya ke Tanah Suci

    450 CJH Solok Raya ke Tanah Suci PADANG, HALUAN — Sebanyak 450 Calon Jamaah Haji (JCH) kloter II asal Solok Raya (Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Selatan) bersiap berangkat menuju tanah suci. Tamu Allah ini meninggalkan asrama haji Padang dan menuju .
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 15:17:42 WIB

    Pasaman Siapkan Rp450 Juta untuk Tour de Singkarak

    Pasaman Siapkan Rp450 Juta untuk Tour de Singkarak PASBAR,HALUAN- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (pasbar), menyiapkan anggaran sekitar Rp 450 juta untuk pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) Agustus 2016 mendatang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]