450 Ha Areal Pertanian Terancam Kekeringan


Senin, 22 Juni 2015 - 18:44:20 WIB
450 Ha Areal Pertanian Terancam Kekeringan

Pihaknya mengkha­wa­tir­kan pada Juli mendatang akan masuk musim kema­rau. Jika pipa berdiameter sekitar 80 centimeter ter­sebut tidak segera di­per­baiki diprediksi akan me­nimbulkan dampak yang buruk terhadap petani se­tem­pat. “Kami telah turun­kan tim ke lapangan dan menyampaikan laporannya ke Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah Kabu­pa­ten Tanah Datar, karena ini me­ru­pakan bencana, per­bai­kan­nya tidak melalui Di­­nas Per­ta­nian,” sebut Edi.

Baca Juga : PAUD Puti Bungsu Padang Panjang Tonjolkan Budaya Minangkabau

Kepala Badan Penang­gu­langan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Mukhlis juga mengatakan, terkait rencana rehabilitasi saluran irigasi yang rusak akibat bencana longsor di Pangian beberapa waktu lalu, BPBD telah merekomendasikan ke Balai Sungai Ke­men­terian Pe­kerjaan Umum. “Tim Balai Su­ngai ini telah tu­run ke la­pangan mela­kukan sur­vey. Pipa aliran iri­gasi yang di­him­­pit batu be­sar saat ben­ca­na longsor ter­sebut telah dili­hat­nya, be­ba­tuan long­soran juga me­nimbun sungai. Ini memang ter­golong bencana me­ne­ngah, namun karena ber­dampak besar pada ma­syarakat ma­ka penangan­annya langsung oleh Pu­sat,”sebut Muklis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumbar, Ali Musri merencanakan akan membangun irigasi untuk pengairan petani di Ngalau Pangian, Tanah Da­tar. “Ka­lau kondisinya ali­ran air sungai terhambat akibat longsor itu masih we­wenang BPBD karena ma­sih masuk tanggap daru­rat,” terang Ali Musri kepa­da Ha­luan Senin (22/6) siang.

Baca Juga : Genius Umar Buka Bimtek Penyelesaian Sengketa Informasi Publik

Dilanjutkannya, setelah masa tanggap longsor ini selesai baru PSDA bisa me­ren­canakan untuk pem­ba­ngunan irigasi di ngalau Pangian, Tanah Datar terse­but. “Air untuk kebutuhan petani nantinya akan lancar apabila irigasi sudah di­bangun,” terangnya. (h/mg-isr/fma)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]