Tak Ada Pemadaman Listrik Bergilir


Senin, 22 Juni 2015 - 18:49:43 WIB

Pihak PT PLN Persero Wilayah Sumbar kembali menegaskan, tak ada agenda pemadaman bergilir sela­ma Ramadan tahun se­karang.

Humas PT PLN Sum­bar, Emilia Tobing kepada Haluan Senin (22/6), me­ngatakan jika ada  laporan dari masyarakat yang me­nyebutkan  telah terjadi mati lampu selama berjam-jam, itu bukan disebabkan karena ada agenda pema­daman dari PLN.

"Jika terjadi pemada­man, berarti ada gangguan. Kalau dari kami sendiri, dipastikan selama Ramadan ini tak ada pemadaman ber­gilir," jelas Emilia.

Sekaitan dengan ini, jika ingin mengetahui gangguan apa yang telah terjadi mas­yarakat diminta untuk meng­hubungi PLN Rayon masing-masing. Hal itu karena yang lebih tahu ten­tang kondisi real di lapa­ngan adalah, Rayon dimana terjadi gangguan.

Gangguan yang ber­ujung pada pemadaman tersebut, tambah Emilia, biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya, angin kencang, cuaca bu­ruk, atau ada benda lain seperti layang-layang atau batang kayu yang menimpa kabel atau tiang. Hal tadi  menyebabkan gangguan jari­ngan atau terjadi kerusakan.

Selain gangguan cuaca serta benda-benda tak diinginkan yang menimpa tiang atau kabel, hal lain yang  juga bisa menyebabkan pemadaman adalah karena te­ngah dilakukannya perawatan berkala dari pihak PLN. Namun, untuk hal ini Emilia memas­tikan intensitas perawatan ber­kala selama bulan puasa tak akan mengganggu waktu buka atau sahur masyarakat. Hal itu karena perawatan akan dilakukan de­ngan mengambil waktu di siang hari.

Lebih lanjut, meski tak me­nye­butkan berapa kali pera­watan berkala dilakukan selama satu bulan atau dalam satu ming­gu, ia memastikan kalau in­tensitas perawatan berkala juga diminimalisir selama bulan Ramadan.

"Misal jika biasanya dilaku­kan dua kali dalam periode tertentu, pada Ramadan akan dikurangi jadi satu kali. Tapi tetap saja, hal itu pengecualian untuk keadaan tertentu, jika kondisi yang ada menuntut un­tuk dilakukan perawatan ber­kala, tetap, kami akan lakukan," terangnya.

Sementara itu menanggapi, adanya laporan  salah seorang masyarakat yang menyebutkan beberapa hari belakangan telah terjadi pemadaman berulang pada kawasan, Tabing Padang, menurutnya, setelah dicari infor­masi pada Rayon bersangkutan, pemadaman terjadi karena ada travo yang meledak, sehingga butuh waktu untuk perbaikan.

"Untuk hal ini, jika terjadi hal-hal serupa atau terjadi pema­daman tanpa diketahui penye­babnya, masyarakat silakan meng­­hubungi Rayon ber­sang­kutan untuk mencari informasi apa penyebabnya. Dari PLN sendiri,  untuk menjaga kelan­caran ibadah masyarakat selama Ramadan, kami pastikan tak ada jadwal pemadaman bergilir," pungkas Emilia kembali mene­gaskan. (h/mg-len)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]