Potensi Laut Pariaman Baru Tergarap 70 Persen


Selasa, 23 Juni 2015 - 18:58:24 WIB
Potensi Laut Pariaman Baru Tergarap 70 Persen

Selain itudermaga nela­yan yang tidak ada juga mempengaruhi produksi ikan para nelayan.

Baca Juga : Mahasiswa Demo Pemkab Pasaman Barat Tuntut Usut Polemik RS Ujung Gading

“Dulu ketika ada der­maga sangat ramai oleh para nelayan tradisional, baik dari wilayah Sumbar mau­pun dari luar seperti Si­bolga untuk menurunkan ikan,” katanya.

Namun sejak dermaga tidak ada lagi, maka akti­vitas para nelayan tradi­sional turun drastis hingga sekarang.

Baca Juga : Berkah Ramadan, Keluarga Besar ProKP Santuni Anak Yatim

Para nelayan juga masih ada yang menggunakan per­a­latan tangkap sederhana, sehingga mempengaruhi hasil tangkapan.

Kendala nelayan lain­nya adalah ongkos atau biaya yang harus dike­luar­kan sejak Bahan Bakar Mi­nyak (BBM) naik menga­kibatkan nelayan mulai banyak yang tidak turun ke laut.

Untuk kembali mening­katkan hasil tangkapan ikan daerah itu, Pemkot Paria­man telah melakukan ber­ba­gai upaya, seperti mem­buat usulan kepada pe­merintah pusat untuk mem­berikan bantuan kapal tang­kap kepada nelayan tra­disonal agar lebih efektif dan efisien dalam menang­kap ikan.

Pemerintah pusat telah memberikan bantuan beru­pa mesin tempel untuk kapal nelayan tradisional sebanyak 15 unit dari 60 unit yang diusulkan.

“Dengan bantuan mesin tersebut, nelayan tradi­sional akan lebih mudah mencari ikan pada jarak yang jauh mencapai empat mil, sehingga hasil tang­kapan diharapkan maksi­mal,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman, Azwan menyampaikan bantuan kepada nelayan tradisonal telah diberikan pada 9 Juni 2015.

“Bantuan tersebut be­rupa 15 mesin tempel bagi nelayan yang belum me­miliki. Sebelumnya para nelayan mengusulkan pro­posal batuan ke DKP dan kemudian diteruskan ke DKP Provinsi yang ke­mu­dian ditindaklanjuti ke pe­merintah pusat,” kata dia.

Selain memberikan ban­tuan, Pemkot Pariaman juga berencana untuk mem­bangun dermaga bekerja­sama dengan Universitas Andalas. (h/ans)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]