Persiapan Pilkada Masih Tersangkut Anggaran


Selasa, 23 Juni 2015 - 19:25:09 WIB

Tjahjo mengakui, masih ada 50 daerah yang akan ikut pilkada serentak yang belum menyelesaikan ang­garan untuk pengawasan. Menurutnya, 50 daerah tersebut masih dalam pro­ses penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Untuk 50 daerah, da­lam proses penanda­tangan­an NPHD, ini saya kira per 22 Juni dan terus meng­alami perkembangan. Se­bagian Pemda telah men­yalurkan dari Rekening Khas Umum Daerah (RK­UD) ke Re­kening Khas Umum Ba­waslu Provinsi dan Pan­waslu Kabupaten/Kota, se­dangkan sebagian lainnya sedang dalam pro­ses pem­bahasan,” terang Tjahjo.

Tersendatnya anggaran pengawasan tersebut, kata Tjahjo, hanya karena per­soalan teknis saja, yakni terkait dengan ke­sek­re­tariatan Panwas di Ka­bu­paten/Kota. Selain itu, Tja­hjo mengakui hal tersebut bukan semata-mata ke­sa­lahan pemda karena pemda juga terikat dengan UU sehingga tidak bisa me­nga­mbil tindakan di luar UU.

“Kami akan mendorong Panwas dan Pemda prio­ritaskan penyelesaian per­soalan ini. Paling lambat sampai tanggal 3 Juli semua sudah beres,” tutur dia se­perti dikutip merdeka.com.

Sementara mengenai anggaran untuk pe­nga­ma­nan Pilkada, kata Tjahjo, saat ini tidak lepas dari fokus Kemendagri untuk persiapan Pilkada serentak. Menurutnya, anggaran pil­kada bagi unsur penga­man­an setempat dipastikan ter­sedia pada APBD dalam bentuk hibah atau program dan kegiatan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah yang secara fungsional ter­kait seperti Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

“Kemdagri senantiasa mengawal proses tersebut dan akan berkoordinasi dengan Kepolisian RI dan Institusi terkait berkenaan dengan efektivitas pe­r­tang­gungjawaban sesuai ke­ten­tu­an peraturan perundang-undangan,” tambahnya.

Tjahjo juga me­ngu­ng­kapkan, bahwa NPHD de­ngan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota telah di­tan­datangani semua pada 269 daerah di mana 260 Pemda telah menyalurkan dari RKUD ke Rekening Kas Umum KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota. Se­dangkan 9 Pemda dalam proses penyaluran.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamarul Zaman me­nga­takan, Komisi II DPR RI memberikan apresiasi kerja Kemendagri yang telah me­la­kukan upaya-upaya untuk menyukseskan pilkada se­rentak 2015. Namun, Ram­be mengharapkan Men­dagri lebih mengop­timal­kan koor­dinasi dengan Pemda.

“Agar di­tan­da­tanga­ni­nya NPHD di 9 daerah, anggaran bagi Bawaslu dan Panwaslu di 50 daerah serta anggaran pengamanan un­tuk Ke­po­ lisi­an Negara Repu­blik In­do­nesia,” kata Rambe.

Anggota Komisi II DPR RI Komaruddin Watubun menegaskan, tidak ada ala­san untuk menunda pelak­sanaan pemilihan kepala daerah serentak yang sudah dijadwalkan pada 9 De­sember 2015. “Pilkada serentak pada 9 Desember adalah agenda nasional, sehingga tidak ada alasan untuk menolaknya,” kata Komaruddin seperti diwartakan Antara. (h/yan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 13:18:05 WIB

    KPU Pariaman Gelar Rakor dengan Forkompinda untuk Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Pilgub

    KPU Pariaman Gelar Rakor dengan Forkompinda untuk Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Pilgub HARIANHALUAN.COM - Jelang pelaksanaan verifikasi faktual dan pemutakhiran data pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman menggelar rapat koordinasi dengan forkopimda .
  • Ahad, 24 November 2019 - 11:45:27 WIB

    Dipinang Irjen Fakhrizal, Genius Umar: Persiapan Administrasi Sudah 95 Persen

    Dipinang Irjen Fakhrizal, Genius Umar: Persiapan Administrasi Sudah 95 Persen PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Maju dengan Irjan Pol Fakhrizal, Genius Umar siap berkompetisi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020 mendatang tidak hembusan semata, bahkan saat ini persiapan administrasi pencalonan perseo.
  • Rabu, 25 Juli 2018 - 10:23:43 WIB

    MPR Gelar Ragab Persiapan Sidang Tahunan

    MPR Gelar Ragab Persiapan Sidang Tahunan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar rapat gabungan (Ragab) Pimpinan MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD di Ruang GBHN, Komplek Parlemen Jakarta, Selasa (24/7)..
  • Jumat, 27 November 2015 - 20:08:42 WIB

    KPU Tinjau Persiapan Pilkada di Perbatasan

    Tanjung Selor, Ha­luan — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik me­ninjau persiapan pelak­sanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di daerah perbatasan di Kalimantan Utara, Jumat.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]