Hasil Penelitian, Mentawai Masih Simpan Energi Gempa 9 SR


Selasa, 23 Juni 2015 - 19:40:26 WIB
Hasil Penelitian, Mentawai Masih Simpan Energi Gempa 9 SR

Kekuatan gempa yang tersimpan di pertemuan lempeng tersebut diper­kirakan mencapai 9 Skala Richter (SR), bahkan me­mungkinkan memicu ter­jadinya tsunami. Akan teta­pi kata Profesor Satish Singh, tidak bisa ditentukan kapan energi tersebut dilepaskan.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

“Kami telah menci­tra­kan dasar laut, yang belum pernah dilaku­kan sebe­lumnya. Kekuatan gempa yang mungkin ditimbulkan bisa mencapai 9 SR, bisa jadi lebih rendah karena kekuatannya sudah ada yang keluar tahun 2010 lalu,” terangnya.

Peneliti asal Lembaga Ilmu Pengetahuan Indo­nesia (LIPI), Dr Nugroho Hananto mengatakan, penelitian dilakukan untuk melihat pergerakan zona sub­duksi di Mentawai. “Hasil pene­litian akan kita sampaikan kepa­da Pemerintah Indonesia, yang bisa dijadikan bahan untuk menyusun mitigasi bencana yang harus disiapkan menghadapi kemungkinan bencana yang ditim­bulkan,” terangnya.

Baca Juga : Jika Padang Zona Merah, Penutupan Objek Wisata Bakal Diperpanjang

Sementara itu, Gubernur Sum­bar, Irwan Prayitno menga­takan, untuk mengantisipasi ter­jadinya gempa diiringi tsu­nami, Pemprov Sumbar telah menyiap­kan mitigasi bencana, mulai dari memberikan sosia­lisasi dan kesiap­siagaan bencana pada masyarakat.

“Sejumlah jalur evakuasi, khususnya evakuasi vertikal atau selter telah didirikan untuk dijadikan sebagai lokasi menga­mankan diri, guna memini­malisasi jatuhnya korban jiwa jika terjadi tsunami,” imbuhnya.

Dilanjutkannya, Pemrov Sum­bar telah memetakan daerah rawan, dari situ dibangun selter untuk menampung mas­yarakat jika sewaktu-waktu ter­jadi tsunami. “Kita fokus ke selter dibanding jalur horizontal yang justru memicu kepanikan dan kemacetan,” jelasnya.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O Blake yang juga hadir bersama para peneliti di Auditrorium Guber­nuran mengatakan, Amerika akan terus mendukung para peneliti yang ingin melakukan riset tentang sains. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]