Hasil Penelitian, Mentawai Masih Simpan Energi Gempa 9 SR


Selasa, 23 Juni 2015 - 19:40:26 WIB

Kekuatan gempa yang tersimpan di pertemuan lempeng tersebut diper­kirakan mencapai 9 Skala Richter (SR), bahkan me­mungkinkan memicu ter­jadinya tsunami. Akan teta­pi kata Profesor Satish Singh, tidak bisa ditentukan kapan energi tersebut dilepaskan.

“Kami telah menci­tra­kan dasar laut, yang belum pernah dilaku­kan sebe­lumnya. Kekuatan gempa yang mungkin ditimbulkan bisa mencapai 9 SR, bisa jadi lebih rendah karena kekuatannya sudah ada yang keluar tahun 2010 lalu,” terangnya.

Peneliti asal Lembaga Ilmu Pengetahuan Indo­nesia (LIPI), Dr Nugroho Hananto mengatakan, penelitian dilakukan untuk melihat pergerakan zona sub­duksi di Mentawai. “Hasil pene­litian akan kita sampaikan kepa­da Pemerintah Indonesia, yang bisa dijadikan bahan untuk menyusun mitigasi bencana yang harus disiapkan menghadapi kemungkinan bencana yang ditim­bulkan,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Sum­bar, Irwan Prayitno menga­takan, untuk mengantisipasi ter­jadinya gempa diiringi tsu­nami, Pemprov Sumbar telah menyiap­kan mitigasi bencana, mulai dari memberikan sosia­lisasi dan kesiap­siagaan bencana pada masyarakat.

“Sejumlah jalur evakuasi, khususnya evakuasi vertikal atau selter telah didirikan untuk dijadikan sebagai lokasi menga­mankan diri, guna memini­malisasi jatuhnya korban jiwa jika terjadi tsunami,” imbuhnya.

Dilanjutkannya, Pemrov Sum­bar telah memetakan daerah rawan, dari situ dibangun selter untuk menampung mas­yarakat jika sewaktu-waktu ter­jadi tsunami. “Kita fokus ke selter dibanding jalur horizontal yang justru memicu kepanikan dan kemacetan,” jelasnya.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O Blake yang juga hadir bersama para peneliti di Auditrorium Guber­nuran mengatakan, Amerika akan terus mendukung para peneliti yang ingin melakukan riset tentang sains. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 Agustus 2019 - 17:10:56 WIB

    16 Bangkai Kapal di Batang Arau Berhasil Dikeluarkan DKP

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 dari 17 target bangkai kapal di Muaro Batang Arau berhasil dikeluarkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Saat ini masih bersisa satu bangkai kapal yang ukurannya cukup besar dan terken.
  • Selasa, 16 Juli 2019 - 19:37:45 WIB

    Dilantik Walikota, Direksi Baru PDAM Padang Dituntut Hasilkan Air Minum

    Dilantik Walikota, Direksi Baru PDAM Padang Dituntut Hasilkan Air Minum PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang, Mahyeldi melantik jajaran Direksi PDAM Kota Padang periode 2019-2024 di Palanta Kota, rumah dinas Walikota, jalan A Yani Padang, Selasa (16/7). Pada kesempatan itu, direksi diharapk.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 23:24:09 WIB

    Hasil Panen 4.731 Ton, Stok Beras Padang Aman Sampai Juli

    Hasil Panen 4.731 Ton, Stok Beras Padang Aman Sampai Juli PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dinas Pangan Kota Padang memprediksi ada sekitar 4.731 ton beras akan dihasilkan dari panen padi di Bulan Mei ini. Panen kali ini akan menjamin ketersediaan dan harga beras akan stabil sampai setela.
  • Rabu, 10 April 2019 - 10:40:15 WIB

    Mahyeldi: Bios 44 Meningkatkan Hasil Pertanian

    Mahyeldi: Bios 44 Meningkatkan Hasil Pertanian PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna melihat penggunaan Bios 44 yang telah disosialisasikan Kodim 0312/Padang, Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah mengunjungi Demplot Bios 44 Koram.
  • Selasa, 02 Januari 2018 - 10:36:04 WIB

    DPRD Padang Hasilkan Tujuh Perda

    DPRD Padang Hasilkan Tujuh Perda PADANG, HARIANHALUAN.COM--- - DPRD Kota Padang melaksanakan Sidang Paripurna penutupan masa sidang ketiga (September - Desember) tahun 2017 sekaligus pembukaan masa sidang pertama (Januari-April) 2018 pada Jumat (29/12)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]