Dilakukan Telkom di Indonesia


Rabu, 24 Juni 2015 - 18:48:27 WIB

Ketiga data center terse­but sepenuhnya dimiliki oleh Telin Singapore. Pe­langgan data center yang dikelola oleh Telin Singa­pore adalah perusahaan di Singapura (74%) serta si­sanya adalah perusahaan – perusahaan multinasional dari kawasan regional dan global.

Telin-3 dirancang untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan layanan data cen­ter premium, tidak ha­nya di Singapura namun juga untuk kawasan regio­nal dan global market dima­na Telin Singapore akan berperan sangat penting dalam menyediakan laya­nan konektivitas teleko­munikasi global yang dapat diandalkan, aman dan sta­bil. Fasilitas ini dibangun untuk memenuhi desain Multi-Tier dan dapat ber­operasi secara optimal.

Vice President Corpo­rate Communication Tel­kom, Arif Prabowo menga­takan pada Haluan Rabu (24/6) di Jakarta, layanan data center Telin Singapore memang ditujukan hanya untuk me­nyasar peru­sa­haan-peru­sahaan global yang berbasis di Singapura. “Telin-3 yang dibangun dan dua data center lainnya ditujukan untuk meng­gaet perusahaan Singa­pura dan perusahaan multi­nasional yang ada Singapu­ra,” tutur Arif.

Arif menambahkan, se­men­tara untuk Data Center dan Disaster Re­covery Center (DRC) dari pe­lang­gan Govern­ment atau Peme­rintah yang di­handle Telkom dilaksanakan di Indonesia me­la­lui entitas anak­nya, Telkom­sig­ma. Sehingga ti­dak ada data Pe­merintah yang di­tempatkan di Singapura ka­rena semuanya dike­lola dan dioperasikan oleh Tel­kom­sigma di Indo­nesia. Telkomsigma telah me­mi­liki 3 data center yang bero­perasi secara aktif, yakni di Serpong, Sentul dan Su­rabaya. Sementara itu, Tel­komsigma juga se­dang mem­bangun data cen­ter di beberapa kota, salah satu­nya di Balikpapan.

“Untuk project Pe­me­rin­tah, semuanya dikelola Telkomsigma di Indonesia. Sehingga ini merupakan dua hal yang berbeda. Tidak ada sama sekali data Peme­rintah Indonesia yang di­tem­patkan di Singapura. Sementara itu, hingga saat ini Telkom tidak mengelola data center untuk Badan Cyber Nasional,”Bagi Tel­kom tetap NKRI harga Ma­ti tutup  Arif Pra­bowo.

Telkom bersama Singa­pore Telecommunication Limited (SingTel) telah menyepakati pembentukan joint venture (perusahaan patungan) yang diren­canak­an akan mulai beroperasi pada tahun 2016. Project joint venture ini merupakan project yang berbeda dan tidak ada kaitannya dengan pembangunan data center Telin-3, Jurong di Singa­pura.

“Perusahaan patungan yang beroperasi di Indo­nesia ini bergerak dalam penyediaan aplikasi bagi perusahaan komersil dan public utilities. Sementara untuk data center, akan menggunakan data center Telkom di Indonesia yang dikelola Telkomsigma, yang saat ini sudah mencapai sekitar 55.000 m2. Bahkan pada akhir 2015, ditar­get­kan data center Telkom dapat mencapai kapasitas sebesar 100.000 m2,” ujar Arif lebih lanjut. (h/dj)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 17:34:37 WIB

    Nenek 82 Tahun Menang Lawan Beruang, Ini Trik yang Dilakukannya

    Nenek 82 Tahun Menang Lawan Beruang, Ini Trik yang Dilakukannya HARIANHALUAN.COM - Sungguh luar biasa, sudah nenek-nenek tapi kekuatannya melebihi anak muda. Nenek itu bernama Rumiko Sasaki, usinya pun sudah 82 tahun. Dia pernah terlibat duel sengit dengan seekor beruang..
  • Senin, 23 Maret 2020 - 23:35:04 WIB

    Ini Hal yang Masih Bisa Dilakukan Saat Australia Shutdown

    Ini Hal yang Masih Bisa Dilakukan Saat Australia Shutdown CANBERRA, HARIANHALUAN.COM - Australia telah mengambil tindakan yang lebih ketat dengan menutup sejumlah tempat, termasuk pub, klub, tempat olahraga dan keagamaan mulai Senin (23/03), sebagai upaya pencegahan virus corona..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]