Masyarakat Harus Bijak Dalam Berpolitik


Rabu, 24 Juni 2015 - 18:51:23 WIB

Dalam kunjungan TSR itu, bersama Bupati Solok  H. Syam­su Rahim juga hadir Kadis PU Fathol Bahri, kepala kantor Bank Nagari cabang Solok Sania Pu­tra, Kasat Pol PP  Raflis, Ke­pala Kantor Kemenag  Khar­dinal,  Kabag Humas Syahrial, Kabag Kesra Suharmen, Ang­gota DPRD Kab Solok Nosa eka Nanda, Camat X Koto Singkarak Irwan Effendi, dengan tausyah yang disampaikan oleh H. Fuad­di Nawawi.

Menyikapi fenomena ini, Bupati berharap agar masyarakat lebih bijak dalam berpolitik. Karena berdasarkan pengalaman yang lalu, banyak masyarakat yang terpecah karena berbeda dukungan. Berbeda dukungan, kata Syamsu Rahim adalah rah­mat, namun menjadi musibah ketika perbedaan itu menim­bulkan perpecahan di tengah masyarakat.

“Bahkan gara-gara Pilkada yang lalu, masih ada masyarakat yang tidak saling bertegur sapa dengan yang lainnya, ini yang tidak boleh,” ucapnya.

Sebagai orang Minangkabau, kata Syamsu Rahim masyarakat harusnya berpegang pada falsa­fah Biduak lalu kiambang bata­wik.Yang artinya, setelah selesai perhelatan, kembali kepada kea­daan semula. Seaarah de­ngan itu, kesempatan itu  juga digunakan oleh Syamsu Rahim untuk ber­pamitan dengan ma­sya­rakat, karena pada  2 Agus­tus 2015 mendatang merupakan akhir masa jabatannya sebagai Bupati Solok.

“Saya mohon maaf kepada masyarakat, jika ada janji yang belum terpenuhi, dan pem­ba­ngunan yang belum ter­sele­saikan,” kata Syamsu Rahim.

Sejurus itu, pihaknya ber­pesan kepada masyarakat dan jama’ah yang hadir di majelis tarawih pada malam itu, untuk tetap bermusyawarah dalam menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi di tengah masya­rakat. Hal ini kata Syamsu Rahim dapat diaplikasikan pada pelaksanaan Musyawarah Tung­ku Tigo Sajarangan tali Tigo sapilin (MTTS-TTS).

Dengan berpegang kepada falsafah adatduduak surang ba­sam­pik-sampik, duduak basamo balapang lapangapapun per­soalan yang terjadi di nagari akan mudah untuk diselesaikan. “Saya wariskan program MTTS bagi masyarakat untuk mengungkap berbagai persoalan yang terjadi di nagari, untuk dicarikan solu­sinya bersama-sama,” beber Syamsu Rahim.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan bantuan kepa­da pengurus mesjid berupa uang Rp. 6 Juta yang ditambah dengan paket  yang berisi Alqur’an dan Tafsir, buku Panduan kha­tib,­ dan buku-buku lain tentang Islam dari Pemkab Solok. Sementara dari Bank Nagari juga menye­rahkan bantuan dana sebesar Rp. 1 Juta. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]