Perkebunan Aren Disulap Jadi Pabrik


Rabu, 24 Juni 2015 - 18:51:49 WIB

Kapolres Payakumbuh, AKBP. Yuliani mengatakan, rangkaian operasi penyakit masyarakat ter­sebut dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan masyarakat yang mencemaskan, terkait aktifitas alih profesi petani aren menjadi pro­dusen tuak. Selain tuak, pihaknya juga mengamankan ribuan petasan berbagai merek yang disita tersebut dari sejumlah pedagang.

“Tuak yang diamankan itu dida­patkan dari tiga tempat. Dian­taranya dari olahan petani enau di Jorong Talaweh, Nagari Labuah Gunuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, dan beberapa tempat di wilayah Kota Payakumbuh. Renca­nanya minuman bergas itu bakal di jual ke provinsi Riau dengan meng­gunakan dua unit mobil L.300 pick up,” terang Yuliani.

Selain 2.000 liter tuak, barang bukti yang juga berhasil diamankan petugas diantaranya petasan korek api sebanyak 4.300 butir, petasan kuning 20 batang, petasan HSK 48 batang, mercon telor 39 bungkus, merk pop 2 kotak dan hoki 883 kotak. Selain itu, petugas juga mengamankan sebanyak 91 botol minuman keras dari berbagai merk.

“Hingga kini, seluruh barang bukti sudah kita amankan di Ma­polres Payakumbuh,” kata Yuliani.

Yuliani mengatakan, penang­kapan tersebut dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit masya­rakat yang muncul selama Ramadan tahun 2015 ini. “Para pedagang mercon dan penjual tuak serta miras tidak diamankan, mereka hanya diberikan pengarahan untuk tidak lagi menjualnya, “kata Yuliani didampingi Wakapolres Kompol. M. Yudie Sulistyo, Kabag Ops Kompol. Yoserizal dan Kasat­reskrim AKP Adek Chandra, saat menggelar barang bukti di Mapol­res Payakumbuh, Selasa (23/6).

Hanya saja, ribuan mercon dan petasan dan berbagai barang bukti lainnya sengaja diamankan dari sejumlah tempat. “Untuk mercon memang tidak boleh diedarkan, dan hanya kembang api yang diper­bolehkan. Karena itu, mercon kita tahan untuk kita hancurkan nan­tinya. Berbeda dengan miras dan tuak, yang hanya pelanggaran pekat, maka penjualnya hanya kita bina,” sebut Kapolres Paya­kumbuh. (h/nto)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]