Cuaca Panas, BPBD Imbau Tingkatkan Kewaspadaan


Rabu, 24 Juni 2015 - 18:55:04 WIB
Cuaca Panas, BPBD Imbau Tingkatkan Kewaspadaan

Dedi menegaskan, meski kebanyakan warga Kota Pa­dang tengah menjalankan iba­dah puasa, tapi jangan sampai lengah dan melakukan kes­a­la­han kecil yang akibatnya sa­ng­at besar. “Periksa kondisi peralatan elektronik yang digunakan, terutama untuk persiapan berbuka dan sahur. Kalau telah selesai digunakan langsung dimatikan,” jelas Hennidal.

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi, Perumda AM Kota Padang Imbau Warga Gunakan Air Seperlunya

Bagi yang menggunakan kompor gas untuk memenuhi kebutuhannya, agar lebih dit­ing­katkan lagi kewaspadaan dengan mengawasi dan me­meriksa kondisi tabung gas secara teratur. “Kalau tabung gas lecet atau sebagainya, maka mengakibatkan mudahnya ter­bakar,” papar Hennidal.

Setelah itu, kalau mau ber­pergian atau mau me­ning­galkan rumah, pastikan kom­por gas dan peralatan elek­tronik lainnya sudah di­pa­dam­kan. Sebenarnya, menurut He­n­nidal, musibah kebakaran tidak hanya terjadi di musim panas, namun faktor cuaca cukup berpengaruh terhadap proses pemadamam dan dam­pak yang disebabkan oleh ke­bakaran. “Jadi, pada kondisi cuaca seperti ini, warga harus lebih waspada,” tutupnya. (h/mg-fds)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]