KONI: Perbaiki Infrastruktur Olahraga


Rabu, 24 Juni 2015 - 18:57:11 WIB
KONI: Perbaiki Infrastruktur Olahraga

Banyak persoalan yang me­ngi­ringi persiapan para atlet nasional ke Singapura. Meski jika ditelisik persoalan-per­soalan itu bukan masalah baru. Sejauh ini siapapun menteri, ketua umum KONI, dan ketua umum KOI sulit menjamin uang saku atlet dan pelatih serta dana try out lancar sesuai pro­posal yang diajukan pengurus cabang olahraga di awal tahun.

Baca Juga : Mohamed Salah Khawatir Situasi Kontraknya di Liverpool

Kesediaan peralatan latih dan tanding juga selalu menjadi perkara yang mengikuti. Selain itu, beberapa cabang olahraga mulai sering melaporkan tem­pat latihan yang tidak mema­dahi.

"Pemerintah tidak pernah mengajak KONI untuk mem­bicarakan persoalan klasik itu. Soal dana, kalau bahasanya pemerintah begini: dananya segini Pak Tono? Mana ada pembicaraan persiapan per­siapan SEA Games, Asian Games, mereka hanya bicara money oriented," kata Tono yang dihubungi detikSport pada Rabu (24/6/2015).

Baca Juga : Bikin Liverpool Frustrasi, Real Madrid Tembus Semifinal Liga Champions

"Kami hanya dikasih ang­garan untuk 500 kuota atlet. Silakan otak-atik. Kami prio­ritaskan cabang-cabang yang berpotensi medali. Bagaimana bisa meraih medali, per­ma­salahan pembibitan saja begini tidak ada dana berkelanjutan. Entah nanti bagaimana untuk 2016?

"Tapi kalau kami diundang, ada pokja, tim kerja, sebaiknya pemerintah harus melihat ke­pada dana. Dana ini dana khusus yang digunakan untuk pelatnas yang berkelanjutan dan tidak berhenti. Ya uang saku, ya per­baikan alat. Mereka selalu bilang dana APBN selalu seba­tas ini.

Baca Juga : Timnas Indonesia Pastikan Uji Coba dengan Oman

"Padahal mereka ada badan perencanaan. Tapi mereka tidak pernah duduk bersama-sama KONI, sama-sama Kasa­tlak Prima. Untuk membahas tahun ke depan ini kebutuhan yang sering dilaporkan dan selalu gagal ini bagaimana solusinya? Tidak pernah ada pencarian solusi.

"Selain itu semestinya peme­rintah memperbanyak sarana dan prasarana olahraga di da­e­rah-daerah, sentralisasi, dan daerah yang sudah kaya APBN-nya bisa dibuat itu," jelas dia. (h/net)

Baca Juga : Neymar Konfirmasi Perbarui Kontrak dengan PSG

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]