Tingkatkan Pengawasan Menu Berbuka


Rabu, 24 Juni 2015 - 19:02:52 WIB

Dilanjutkannya, seiring meningkatnya permintaan makanan berbuka puasa, di­manfaatkan oleh sege­lintir orang untuk meraup untung tanpa mem­per­ha­tikan dam­pak ke­se­ha­tan­nya.

Makanan yang mengan­dung bahan plastik dan lilin misalnya kata Irwan, sangat berbahaya bagi kesehatan apa­bila dikonsumsi. Maka dari Pemprov Sumbar me­min­ta instansi terkait harus meningkatkan pengawasan.

“Harus diperketat un­tuk mencegah agar masyarakat tidak memanfaatkan situasi menjelang lebaran untuk menjual makanan yang ber­bahaya,” imbuhnya.

Gubernur juga meminta konsumen yang biasanya membeli makanan berbuka puasa untuk cerdas dalam memilih menu berbuka yang tentunya sehat dan tidak membahayakan. “Ki­ta berharap tentunya konsu­men juga harus cerdas da­lam berbelanja,”  ungkap­nya.

Sebelumnya dalam si­dak yang dilakukan BPOM pada Selasa (23/6) sore di Pasa Pabukoan kawasan Mato Aie, Padang Selatan, tim menemukan gorengan yang diduga bercampur bahan plastik dan lilin.

Gorengan itu diduga kuat kuat mengandung ba­han plastik dan lilin sete­lah dilakukan tes seder­hana dengan dicoba dibakar, dan gorengan tersebut terbakar, bahkan sampel yang di­bakar, meleleh sampai ha­bis dan mengeluarkan aro­ma seperti plastik. (h/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]