Bukittinggi Buka Program Pemagangan dalam Negeri


Kamis, 25 Juni 2015 - 18:30:16 WIB

Dalam sambutannya Ismet mengatakan,  secara nasional angka pengangguran di Indo­nesia 6,32 persen sedangkan di Provinsi Sumatera Barat 6,18 persen dan di Bukittinggi hanya 2,5 persen. Angka pe­ngang­guran ini lebih rendah dari tahun sebelumnya.

“Dengan adanya ker­ja­sa­ma  program pemagangan da­lam negeri, tentunya kita akan bisa mengatasi angka pengang­guran di Kota Bu­kittinggi,” ujar Ismet di­dam­pingi Kepala Sos­naker Hery Rusli.

Menurutnya, salah satu kiat Pemko Bukittinggi bisa me­ngatasi penggangguran adalah dengan memberdayakan lem­baga latihan swasta yang dire­komendasikan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Bukittinggi. Ismet me­nye­butkan pada tahun 2016 nanti, Pemko Bukittinggi akan me­latih berbagai keterampilan kepada 64 orang yang dananya bersumber dari anggaran AP­BD Kota Bukittinggi.

Sementara itu, Kepala Dis­nakertrans Provinsi Sumbar diwakili Kasi Penempatan dan Pemagangan Wahendra me­nga­­takan, Bukittinggi salah satu kota terbanyak mem­peroleh program pemagangan dalam negeri.

Karena selama ini, Bu­kittinggi dinilai banyak mem­punyai lembaga-lembaga lati­han yang sudah kompeten dan memiliki jejaring kerja  serta sudah berpengalaman melak­sanakan program pemagangan dalam negeri. Seperti Lembaga Latihan Swasta INGG Motor, IBTI, Srikandi Teknologi dan Cipta Karya Mandiri.

“Saya berharap  Kota Bu­kittinggi segera membentuk organisasi Forum Kerjasama Jejaring Pemagangan (FKJP)  agar koordinasi tentang pro­gram pemagangan lebih cepat dan praktis,” ungkap Wahen­dra.

Kegiatan itu terlaksana atas kerjasama Disnakertrans Provinsi Sumbar dengan  Lem­­­­baga  Latihan Swasta di­antaranya Lembaga I.N.G.G, IBTI, Srikandi Teknologi dan Cipta Karya Mandiri. Acara tersebut juga dihadiri oleh pengusaha dari dunia usaha dan Industri diwakili oleh Manager Hotel Ambun Suri, Roni Ferdian, Ketua DPC Himpunan Lembaga Latihan Swasta Kota Bukittinggi, Defi Endri dan Pimpinan IBTI  Training Centre, Ir Asnim serta Pimpinan Cipta Karya Mandiri, Dedi Heri. (h/ril)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]