Sepekan Ramadan, Seluruh Sektor Sepi Pembeli


Kamis, 25 Juni 2015 - 18:30:54 WIB

Keluhan pedagang kaki lima itu, juga tak berbeda dengan Hendra, pedagang kain dasar di lantai dua per­tokoan bertingkat. “Puasa tahun ini,  belum mem­beri­kan pendapatan yang luar biasa bagi kami pedagang kain,” kata Hendra. Namun, pe­da­gang tekstil ini optimis, sua­sana seperti ini akan berubah, begitu PNS gajian tambahnya.

Pedagang makanan dan minuman di Pasar Pabukoan Payakumbuh, juga merasakan kemunduran  omsetnya di­ban­dingkan dengan puasa sebelumnya. Sepuluh hari Ramadhan, biasanya seluruh barang dagangan kami ludes terjual. Tapi, tahun ini hanya separo dan dua pertiga  yang habis. “Pulang modal saja sudah lumayan, kalaupun tak akan tertelungkup,” sebut  Ma­man penjual berbagai gorengan ini.

Sama halnya dengan pe­dagang gorengan, pedagang  sambal, mie/mihun  goreng, kampiun dan sayur anyang juga merasakan kepahitan yang sama. “Mungkin, karano pega­wai alun gajian, jadi pembeli belum begitu membludak,” ucap Tomi  mewakili te­mannya.

Kabag Perekonomian Set­dako Payakumbuh Julpiter, SE, MM, merasakan keluhan pedagang yang sepi pembeli tersebut. Tapi, Julpiter me­nolak, kalau penyebabnya ka­rena inflasi. Pasalnya, harga yang naik begitu signifikan, hanya cabe. Komoditas pangan lainnya, hanya naik tidak begitu tinggi, berkisar antara 1.000 sampai Rp2.000.

Kabag Perekonomian yang murah senyum ini, menilai, para orang tua terpaksa me­ngatur keuangannya, karena puasa tahun ini bertepatan dengan masuknya tahun ajaran baru. Warga lebih me­men­tingkan keperluan pendidikan putera-puterinya. Sementara itu, diakui Julpiter, PNS belum gajian. “Mudah-mudahan sua­sana ini akan berubah, jika 1 Juli telah datang,” ucapnya berdiplomasi. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]