Anggaran Belanja Langsung di APBD-P Meningkat Rp116 Miliar


Kamis, 25 Juni 2015 - 18:39:29 WIB

Secara umum terjadinya perubahan APBD tahun 2015, disebabkan terjadinya penyesuaian terhadap Perda Nomor 6 tahun 2014 tentang RPJMD Kota Padang tahun 2014-2019, di mana semula masih mengacu kepada Perwako Nomor 20 tahun 2014 tentang RPJMD 2014-2019.

“Selain itu, terjadinya pemisahan Dinas Pengelolaan dan Aset menjadi Dinas Pendapatan dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset dalam rangka optimalisasi penerimaan daerah,” ujar Mahyeldi.

Dikatakannya, perubahan anggaran belanja tidak langsung karena adanya peningkatan tambahan penghasilan bagi lurah dan jajarannya. Adanya penambahan anggaran untuk panwaslu dan pengamanan dari kepolisian dan TNI pada saat pemilihan Gubernur Sumbar.

Penekanan belanja langsung pada perubahan APBD, dititik beratkan pada kegiatan yang menunjang program unggulan Pemko Padang dalam pencapaian visi dan misi, serta program strategis yang telah ditetapkan dalam RPJM 2014-2019. Untuk pencapaian program tersebut masing-masing SKPD, telah dijabarkan dalam rencana strategis dan diaplikasikan dalam program dan kegiatan setiap tahunnya.

“Keseriusan SKPD dalam pelaksanaan anggaran sangatlah penting, terutama penyelesaian beberapa kegiatan yang mendesak, seperti halnya masalah pasar, objek wisata, penanganan banjir, persampahan, penyehatan lingkungan, peningkatan mutu pendidikan dan kesehatan, jalan dan lainnya,” katanya.

Untuk menyikapi persoalan tersebut, maka pada perubahan APBD tahun 2015 belanja langsung meningkat dari APBD induk tahun 2015. “Untuk itu, dalam pengelolaan belanja diharapkan semua SKPD bekerja dengan baik,” tutup Mahyeldi. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]