Pemprov Desak Pemko Segera Bebaskan 61 Persil


Kamis, 25 Juni 2015 - 18:46:55 WIB
Pemprov Desak Pemko Segera Bebaskan 61 Persil

“Kita di provinsi siap mendukung Pemko Padang, apakah itu nantinya setelah melalui tahap konsolidasi atau bahkan ujung-ujungnya nanti harus ganti rugi. Karena dana untuk itu sudah disiapkan,” terangnya kepada media, Kamis (25/6).

Baca Juga : Gelombang Tinggi, Nelayan di Padang Bisa Habiskan Waktu 12 Jam Mencari Ikan

Hanya saja, kata Mardi, saat ini pemprov tidak bisa langsung mengalihkan cara pembebasan lahan tersebut dari konsolidasi kepada proses ganti rugi, karena tidak adanya payung hukum yang menjadi dasarnya. “Kalau kita tetap paksakan agar proyek ini lancar, tentunya akan beresiko hukum dan bisa berujung penjara,” jelasnya.

Dari catatan Biro Pemerintahan, 61 persil yang masih belum bebas itu terbanyak di daerah Kuranji diperkirakan 41 persil, Lubuk Begalung (Lubeg) dan perbatasan Padang Pariaman dengan panjang kurang lebih 2 kilometer. Belum bebasnya lahan ini, ujar Mardi, masih belum sepahamnya tim appraisal dengan warga pemilik tanah. Dimana harga tanah yang ditetapkan tim appraisal dirasa terlalu murah oleh warga pemilik tanah.

Baca Juga : Hendri Septa Resmikan Bedah Rumah Bantuan Perumda Air Minum di Intake Guo Kuranji

“Tentu kita berpedoman kepada tim independen. Kalau kita tetap mengikuti keinginan warga ini akan bersiko hukum,” terangnya.

Ditambahkan Mardi, dalam proses konsolidasi ada bebarapa warga pemilik tanah yang menempuh jalur hukum dengan melakukan gugatan ke penga­dilan. Diperkirakan sebanyak 14  pemilik tanah ini menang di pengadilan tingkat pertama.

“Dalam tuntutannya mengharuskan Pemko Padang untuk melakukan ganti rugi tanah. Namun, Pemko Padang meminta tidak hanya pada pengadilan tingkat pertama, tapi harus keputusan pengadilan tinggi,” ujarnya. Ditegaskan Mardi, pembebasan lahan tersebut harus segera dituntaskan mengingat proyek strategis ini tidak boleh tersendat hanya karena belum bebasnya lahan. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]