Indonesia Perlu Ketegasan Soal Dana Parpol


Kamis, 25 Juni 2015 - 18:55:59 WIB

Menurut dia, peningkatan biaya untuk parpol harus disertai dengan pengawasannya namun perlu dilihat sumber pen­danaannya. “Kalau dari pemerintah maka tentu kepada pos yang dialokasikan pemerintah yaitu KPU dan Bawaslu,” ujarnya. Namun, menurut dia, apabila dari swasta maka harus ada rekening khusus yang terdaftar di KPU dan diaudit BPK. Selain itu dia mengatakan peningkatan dana parpol merupakan usulan lama yang pernah disampaikannya terkait keuangan politik.

Dia mengatakan apabila 560 legislator tidak diatur cara mendapatkan uang, maka mereka akan mencari dengan caranya sendiri. Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (24/6) menyatakan pihaknya sudah mendengar adanya persetujuan dari Presiden Jokowi.

“Namun perlu dibahas (besarannya) di bawah kementerian. Ini karena fokus anggaran masih pada infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan, sisanya baru untuk akomodasi kenaikan bantuan partai,” ujarnya.

Menurut Tjahjo, kenaikan bantuan keuangan untuk parpol tidak memungkinkan dilaksanakan tahun ini. Usulan pemerintah berkisar 10-20 kali lipat dari yang diterima partai saat ini untuk tahun depan. Kenaikan bantuan itu, menurut Tjahjo, akan dibarengi peningkatan pengawasan terhadap penggunaan bantuan oleh partai. (h/rol)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 10 November 2019 - 17:59:57 WIB

    Sah! Anis Matta Jabat Ketua Umum Partai Gelora Indonesia

    Sah! Anis Matta Jabat Ketua Umum Partai Gelora Indonesia POLITIK, HARIANHALUAN.COM -- Inisiator Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah mengatakan Anis Matta telah ditunjuk sebagai ketua umum partai tersebut. Sementara jabatan wakil ketua umum dijabat oleh dirinya. Hal itu disampaikan.
  • Kamis, 24 Oktober 2019 - 14:52:35 WIB
    Arifin Tasrif Jadi Orang Minang ke-60

    Ternyata, Ada Orang Minang di Kabinet Indonesia Maju

    Ternyata, Ada Orang Minang di Kabinet Indonesia Maju NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Presiden Joko Widodo melantik 34 menteri dan 4 pejabat setingkat menteri, Rabu (23/10) di Istana Negara. Di antara 38 nama tersebut, ada juga putra Minang yang memperkuat kabinet yang dinamakan k.
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 22:10:46 WIB

    Tak Ada Lagi 01 dan 02. Jokowi: yang Ada Persatuan Indonesia

    Tak Ada Lagi 01 dan 02. Jokowi:  yang Ada Persatuan Indonesia JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk bersatu kembali. Pernyataan itu disampaikan pasca putusan  Mahkamah Konstitusi (MK yang  menolak seluruh gugatan Pilpre.
  • Sabtu, 20 April 2019 - 17:56:57 WIB

    #KpuJanganCurang Masih Trending di Twitter Indonesia

    #KpuJanganCurang Masih Trending di Twitter Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Publik makin serius menyikapi hasil penghitungan suara Pemilu 2019, terlebih pasca terjadinya salah input data di situs Real Count milik KPU RI. Hal itu tampak dari #KpuJanganCurang yang hingga k.
  • Rabu, 17 April 2019 - 14:04:25 WIB

    Prabowo Yakin Menang di Seluruh Indonesia

    Prabowo Yakin Menang di Seluruh Indonesia BOGOR, HARIANHALUAN.COM - Capres Prabowo Subianto optimistis akan memenangkan Pilpres 2019. Bahkan, dia yakin akan memperoleh 63 persen suara masyarakat Indonesia. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]