Indonesia Perlu Ketegasan Soal Dana Parpol


Kamis, 25 Juni 2015 - 18:55:59 WIB
Indonesia Perlu Ketegasan Soal Dana Parpol

Menurut dia, peningkatan biaya untuk parpol harus disertai dengan pengawasannya namun perlu dilihat sumber pen­danaannya. “Kalau dari pemerintah maka tentu kepada pos yang dialokasikan pemerintah yaitu KPU dan Bawaslu,” ujarnya. Namun, menurut dia, apabila dari swasta maka harus ada rekening khusus yang terdaftar di KPU dan diaudit BPK. Selain itu dia mengatakan peningkatan dana parpol merupakan usulan lama yang pernah disampaikannya terkait keuangan politik.

Baca Juga : AHY Cs Absen di Sidang Mediasi Pertama, Kubu Moeldoko: Lecehkan Pengadilan

Dia mengatakan apabila 560 legislator tidak diatur cara mendapatkan uang, maka mereka akan mencari dengan caranya sendiri. Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (24/6) menyatakan pihaknya sudah mendengar adanya persetujuan dari Presiden Jokowi.

“Namun perlu dibahas (besarannya) di bawah kementerian. Ini karena fokus anggaran masih pada infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan, sisanya baru untuk akomodasi kenaikan bantuan partai,” ujarnya.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Menurut Tjahjo, kenaikan bantuan keuangan untuk parpol tidak memungkinkan dilaksanakan tahun ini. Usulan pemerintah berkisar 10-20 kali lipat dari yang diterima partai saat ini untuk tahun depan. Kenaikan bantuan itu, menurut Tjahjo, akan dibarengi peningkatan pengawasan terhadap penggunaan bantuan oleh partai. (h/rol)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]