Ibarat Dua Sisi Mata Uang


Jumat, 26 Juni 2015 - 18:02:46 WIB
Ibarat Dua Sisi Mata Uang

Diduga dimainkan oleh anak-anak, sebuah rumah kontrakan semi permanen yang berlokasi di Jalan Belakang Olo No. 39, Kelurahan Kampung Jao, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, ludes dimamah si jago merah. Enam keluarga yang menghuni kontrakan milik Eva Trilusia itu, menjadi korban. Kepala BPBD&PK Kota Padang Dedi Henidal mengatakan, api berasal dari petasan yang dimainkan oleh anak-anak. “Dugaan kita api berasal dari petasan. Karena rumah tersebut terbuat dari kayu dan api cepat melalap,” terang Henidal, seraya menyebut jika kerugian ditaksir mencapai Rp400 juta.

Baca Juga : Iedul Fithri: Geliat Ekonomi, Momentum Keluar Resesi

Sebelumnya, jajaran Polresta Padang juga berhasil menyita ratusan lusin petasan berbagai merk dari tiga pasar di Kota Padang, yakni Siteba, Bandar Buat dan Pasar Raya. Kapolresta Padang Kombes Pol Wisnu Andayana didamping Kabag Ops Kompol Argamuda mengatakan, berbagai jenis dan ukuran petasan dilarang dinyalakan, karena membahayakan keselamatan. “Sebagai bentuk upaya untuk mengantisipasi peredarannya, pihaknya menggelar razia tempat penyedia petasan (mercon,red) dan kembang api di tiga lokasi,” kata Wisnu.

Dari rangkaian operasi tersebut, petugas berhasil mengamankan ratusan lusin mercon dari berbagai merek, seperti Hercules dan Happy Flower yang mengeluarkan suara ledakan lebih keras dibandingkan petasan lainnya. Razia tersebut katanyam, juga dilakukan berdasarkan instruksi langsung dari Mabes Polri terkait larangan perederan petasan.

Baca Juga : Pembangunan dan Keadilan bagi Padagang Kaki Lima

“Petasan yang disita sangat berbahaya sekali, karena ledakannya kuat. Kemudian ciri-ciri petasan itu berbobot 20 gram, dengan ukuran 2 sampai 8 inci dan itu isi dari mesiunya lebih dari 2 gram, sehingga sangat membahayakan,” terangnya. Dalam kesempatan itu, Wisnu juga telah memerintahkan kepada seluruh jajaran Polresta Padang untuk terus memantau dan melakukan operasi terhadap peredaran petasan dan kembang api, untuk menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif selama Ramadan, sehingga memberikan keberkahan untuk semuanya. (**)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]