Kebutuhan Cabai tak Terpenuhi


Jumat, 26 Juni 2015 - 19:40:42 WIB
Kebutuhan Cabai tak Terpenuhi

Pantauan Haluan di Pasar Raya Padang, harga cabai semakin naik dari awal Ramadan hingga sekarang berkisaran Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kg. Menurut pedagang harga cabai di­per­kirakan akan terus naik.

Baca Juga : Bekas Atom Center Padang Disulap jadi Penampungan Anak Yatim

“Biasanya harga cabai akan terus melambung, terbukti awal Ramadan harga cabai hanya Rp30 ribu, sekarang sudah naik hampir Rp50 ribu per kg,” kata Anda, pedagang Pasar Raya Padang.

Menurut Kepala Dinas Per­tanian, Perternakan dan Per­ke­bunan, Kota Padang, Heryanto Rustam, Pemerintah Kota (Pem­ko) Padang memiliki program menanam enam ribu pohon cabai. Program menanam cabai ini tidak hanya dilaksanakan oleh pemko saja, tetapi diikuti Korem lima ribu pohon cabai dan Dandim seribu pohon cabai.

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi, Perumda AM Kota Padang Imbau Warga Gunakan Air Seperlunya

“Walaupun program kita me­na­nam pohon cabai sampai ribu­an, tidak bisa juga memenuhi kebutuhan Kota Padang men­capai 90 ton setiap tahun,” jelas Heryanto Rustam.

Dikatakannya, untuk terus menggenjot pemenuhan ke­but­u­han cabai di Kota Padang, pihak­nya bekerja sama dengan pe­me­rintah provinsi menanama20 Ha pohon cabai yang tersebar di 11 kecamatan Kota Padang. “Pro­gram ini sedang berjalan, semoga bisa memenuhi kebutuhan cabai kita,” ucapnya.

Saat ini, menurut Heryanto Rustam, masyarakat Kota Padang masih bergantung kepada cabai Jawa atau cabai Curup, karena lebih banyak diburu masyarakat. “Makanya kita sering impor cabai Jawa, karena lebih besar. Ini lebih enak menurut sebagian masya­rakat untuk membuat lado den­deng,” katanya. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]