Warga Keluhkan Cuaca Panas


Jumat, 26 Juni 2015 - 19:52:17 WIB

Salah satunya adalah Don­ny (26), Warga Dadok Tunggul Hitam. Dia menyebut bebe­rapa hari belakangan sering dilanda sakit kepala. Hal terse­but biasanya dia alami ketika cuaca mencapai puncak, yaitu­nya di siang hari.

“Saya memang tidak bisa kalau terlalu panas. Saat panas seperti sekarang ini, saya selalu mimisan atau keluar darah dari hidung,” ucap Donny.

Kendati  mengeluh dan mengaku hidungnya sering mengucurkan darah disebab­kan cuaca yang panas tadi, Donny juga  menyebut kalau kondisi yang ada tak berpe­ngaruh atas ibadah puasa yang ia jalani. Ia mengaku masih tetap menjalankan puasa de­ngan baik dan lancar.

“Puasa Ramadan kan iba­dah, dan datangnya hanya sekali  setahun, jadi tidak mungkin lah karena cuaca yang ekstrim saya tidak berpuasa. Alhamdulilah, sampai saat ini puasa belum ada bolong alias masih lancar atau berjalan dengan baik,”  katanya.

Tak jauh berbeda dengan Donny, Wiwi (25) yang meru­pakan warga Tabing juga me­ngung­kapkan hal seru­pa. Wiwi menyebut, sejak beberapa hari belakangan  ia eng­gan keluar rumah dikarenakan tak tahan dengan panasnya  terik di luar.

“Bukan suhu yang panas saja, tapi saya juga malas ke luar rumah karena debu-debu di jalan yang juga tak sedikit. Baru keluar sebentar, sepatu dan pakaian yang dipakai akan cepat kotor,” ujar gadis yang bekerja sebagai wira­saswasta tersebut.

Sementara itu, Yuni (18) salah seorang warga yang ting­gal di Lubuk Buaya justru­menyam­paikan keterangan yang me­­ngejutkan. Dengan alasan cuaca panas dan sering membuat ia cepat lelah, Yuni mengaku hingga hari ke­sem­bilan Ramadan, kemarin satu hari saja menunaikan ibadah puasa.

“Akhir-akhir ini cuacanya terlalu panas kak, saya tidak kuat berpuasa. Bawaannya lemas dan selalu ingin mi­num. Kalau dihitung hari pertama hingga sekarang, baru puasa satu hari,” ujar Yuni men­jawab  tanya Haluan de­ngan malu-malu.

Diberitakan sebelumnya, pemberitahuan Badan Me­teo­rologi, Klimatologi dan Geo­fisika (BMKG) Tabing Pa­dang yang menyatakan cuaca pa­nas akan me­landa Kota Pa­dang dan beberapa kabupaten/kota di Sum­bar hingga akhir Juni 2015.

Rata-rata suhu udara setiap harinya mencapai 30-32 derajat celcius.  “Namun pada puncak cuaca panas nanti kemungkinan bisa mencapat 34 derajat cel­cius,” terang Kepala Seksi Ob­servasi dan Informasi BMKG Tabing Padang, Budi Samiaji saat itu. (h/mg-len)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]