DPP PAN Rekomendasikan Abdul Rahman Maju di Pilkada


Ahad, 28 Juni 2015 - 19:16:42 WIB
DPP PAN Rekomendasikan Abdul Rahman Maju di Pilkada

Abdul Rahman me­ngin­formasikan, ia telah mene­rima SK rek­o­men­dasi DPP PAN yang di­serahkan pada sidang ple­no penetapan re­ko­me­ndasi calon kepala daerah dari DPP PAN. Pada sidang itu, baru dua kabu­paten yang dise­rahkan SK rekomendasi tersebut, yakni Ka­bu­paten Solsel dan Kota Solok, dari 13 DPD PAN di Sum­bar yang akan mengikuti Pilkada pada 9 Desember nanti.

Baca Juga : Berkah Ramadan, Keluarga Besar ProKP Santuni Anak Yatim

“Dengan SK reko­mendasi ini, saya ber­harap tidak ada lagi pole­mik di internal DPD PAN Solsel, tentang sia­pa yang dire­komen­da­sikan oleh DPP PAN. De­ngan rekomendasi ini, saya siap mem­besar­kan PAN di Solok Se­latan dan membangun Solok Selatan ke de­pan­nya, seperti yang saya lakukan selama ini,” tutur Rah­man yang saat dihubungi Haluan, Ming­gu (28/6) berada di Jakarta.

Rahman yang kini menjabat wakil bupati Solsel ini menam­bah­kan, ia sudah mem­be­sarkan DPD PAN Solsel kali pertama dibentuk pada tahun 2003. Saat itu, ia masuk DPD PAN Solsel dengan jabatan wakil ketua DPD. Pada tahun 2004, ia dipercaya menjadi Ketua DPD pa­da Musyawarah Daerah DPD PAN Solsel dan memercayakan posisi sekretaris DPD kepada Edi Susanto.

Baca Juga : Pemkab Agam Raih Opini WTP untuk Ketujuh Kalinya

Sementara itu, Edi Susanto yang dihubungi terpisah mengatakan, walau merasa kecewa dengan rekomendasi tersebut, namun ia tetap menghormati keputusan DPP PAN karena ke­putusan itu adalah yang terbaik. Ia juga me­ngu­capkan kepada pasangan Muzni-Rah­man yang direstui oleh DPP PAN untuk maju pada Pilkada nanti.

Meski demikian, Edi menyatakan bahwa ia tetap akan memegang komitmennya untuk maju pada Pilkada Solsel nanti, berpasangan dengan Khai­runas.

“Saya berharap DPP PAN mempersilakan saya maju­ walau tanpa reko­mendasi karena saya yakin kader terbaik DPD PAN Solsel. Saya percaya dan berharap, DPP PAN tidak akan memecat saya dari PAN yang menimbulkan Pengganti Antar Waktu (PAW) saya sebagai wakil ketua DPRD Solok Selatan. Saya yakin, DPP PAN me­lihat persoalan ini lebih arif dengan melihat perolehan suara saya dan PAN pada Pileg 2014 yang lalu. Ke­mudian, saya adalah kader yang setia di PAN,” ujar Edi yang saat dihubungi berada di Padang Aro.

Ia mengungkapkan, ia masuk PAN pada tahun 1999 di DPC PAN Sungai Pagu. Pada tahun 2000 hingga 2005, ia menjadi Sekretaris DPC PAN Sungai Pagu. Kemudian, pada ta­hun 2005 hingga 2010, ia menjadi Sekretaris DPD PAN Solsel. Lalu, pada ta­hun 2010 hingga sekarang, ia menjadi Ketua BPOK DPD PAN Solsel.

Di sisi lain, reko­men­dasi DPP PAN tersebut, ditolak keras oleh Wakil Ketua DPW PAN Sumbar, Erman Jamal. Erman yang dihubungi Haluan secara terpisah mengatakan, ia melawan keputusan DPP PAN tersebut karena kader DPD PAN Solsel yang ter­baik menurutnya adalah Edi Susanto.

“Edi Susanto ini sudah berdarah-darah di PAN. Dia kader PAN yang setia. Dia lebih dulu masuk PAN dari­pada Abdul Rahman. Ha­rus­nya DPP me­re­ko­men­­dasikan dia,” sebutnya.

Erman menyatakan te­tap mendukung pasangan Khairunas yang menjabat ketua DPRD Solsel dengan Edi Susanto, untuk maju di Pil­kada nanti. Ia akan me­makai atribut PAN untuk men­dukung pasangan terse­but. Bila DPP melarangnya, ia bersedia dipecat dari PAN. (h/dib)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]