Telkom Sumbar Kucurkan Rp1,344 Miliar


Ahad, 28 Juni 2015 - 19:20:31 WIB

Dari Rp1,344 miliar itu, mitra binaan dari Padang yang terbanyak yakni 44 mitra dengan kucuran dana Rp867 juta. Diikuti Pari­aman sebanyak 4 mitra Rp­135 juta. Lalu Kabupaten Mentawai sebanyak 10 mit­ra Rp212 juta.

Lainnya dari Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak satu mitra dengan kucuran dana Rp40 juta. Agam de­ngan satu mitra sebanyak Rp20 juta. Terakhir Solok satu mitra binaan sebanyak Rp30juta.

Dengan demikian, sejak tahun 2002 hingga seka­rang, Telkom Sumbar telah menyalurkan dana kemit­raan sebesar Rp50,4 miliar kepada 2.237 mitra binaan.

Menurut Muskab yang saat itu juga bersama Azwir, Kepala Bidang Prog­ram Kemitraan dan Bina Ling­kungan (PKBL) Telkom Sumbar, sesuai dengan Per­men BUMN No.08/2013 Tentang Program Kemit­raan, maka BUMN yang ada wajib melaku­kannya.

Dana kemitraan terse­but disebut juga pinjaman lunak, karena bunga pin­jaman sangat rendah  6 persen dengan jangka pinja­man selama dua tahun yang meli­puti ber­bagai jenis usaha seperti indutri, per­dagangan, peter­nakan, pe­ri­kanan, jasa dan lainnya.

“Program kemitraan ini adalah dana bergulir. Ar­tinya hasil pengembalian dana ini akan digulirkan lagi bagi UKM lain yang mem­butuh­kan. Oleh karenanya para mitraan diharapkan serius mengembangkan usa­hanya dan rutin melakukan pemba­yaran cicilan,” ujar Muskab.

Dikatakannya, per­soa­lan yang paling krusial un­tuk mengentaskan atau me­ningkatkan kesejah­teraan masyarakat adalah ku­rang­nya keterampilan dan ter­batasnya permodalan untuk mengembangkan usaha.

Telkom sebagai pe­rusa­haan telekomunikasi me­rah-­putih yang menyadari tang­gung jawab sosialnya dan peran Good Corporate Citizenship (GCG), melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

“Harapan kita, semakin tinggi kesadaran dari mitra binaan untuk me­ngem­bali­kan pinjaman,maka sema­kin banyak pula dana yang disalurkan kembali. Sehing­ga akan semakin bertambah pula kesempatan mitra bi­naan baru untuk mem­pero­leh pinjaman ka­rena ini sifatnya bergulir,” ujar Mus­kab lagi.

Ditambahkannya, prog­ram kemitraan dilakukan dengan maksud guna me­ningkatkan kemam­puan usaha kecil agar tangguh dan mandiri. Sedangkan Program Bina Lingkungan ditujukan untuk pem­ber­dayaan kondisi sosial ma­syarakat. (h/ita)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 November 2015 - 19:49:47 WIB

    Telkom Rayakan 20 Tahun di NYSE

    JAKARTA, HALUAN — Direktur Utama PT Teleko­munikasi Indonesia, Tbk (Telkom) Alex J. Sinaga pada Selasa (24/11) di New York melakukan seremoni membunyikan bel penanda penutupan perdagangan (closing bell .

  • Rabu, 11 November 2015 - 19:55:57 WIB

    Telkom Raih Top Infrastruktur 2015

    BANDUNG, HALUAN—PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) ditetapkan sebagai TOP Infrastruc­tu­reon ICT 2015 dan TOP ASEAN Infrastructure 2015 dalam ajang Indonesia Infra­structure Week .

  • Selasa, 03 November 2015 - 20:16:20 WIB

    Telkom Raih Indonesia Public Relation Award 2015

    JAKARTA, HALUAN — PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) berhasil meraih penghargaan Pemenang Terbaik Kompetisi Program PR Inspirasional untuk ka­tegori Program Korporasi BUMN dan BUMD.

    Penghargaan ini diberi.

  • Senin, 02 November 2015 - 18:50:18 WIB

    Telkom Dituntut Berikan Kinerja Terbaik

    20 TAHUN DI BURSA SAHAM

    JAKARTA, HALUAN — PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) melakukan seremoni pembukaan per­dagangan saham pada Senin (2/11) di Bursa Efek In­donesia (.

  • Kamis, 01 Oktober 2015 - 18:57:51 WIB

    IndiHome Fiber Tambah Pelanggan Telkom

    DI TENGAH KRISIS EKONOMI

    PADANG, HALUAN — Telkom hadir di Sumbar dengan produk baru yang diklaim akan dapat memanjakan dan memuaskan pelanggannya. Prod.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]