Bukittinggi Berharap Miliki RSUD Sendiri


Ahad, 28 Juni 2015 - 19:22:28 WIB

Pembangunan di bidang kesehatan di Bukittinggi memang menjadi prioritas. Bahkan sektor kesehatan merupakan salah satu dari empat sektor unggulan di­sam­ping sektor  pen­didi­kan, pariwisata dan per­dagangan.

“Pelayanan kesehatan di Kota Bukittinggi cukup memadai dan sangat dira­sakan masayarakat. Apalagi saat ini pelayanan kesehatan tidak hanya ditingkat per­kotaan tapi juga sudah me­nyentuh ke tingkat kelu­rahan,” ujar praktisi kese­hatan Hj Yenni Fitri, Amd, Keb kepada wartawan ke­marin. Menurutnya, meski Bukittinggi tidak memiliki RSUD namun pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah setempat terus meningkat. Pelayanan dasar kesehatan masyarakat tidak hanya diberikan di Puskesmas tapi juga di Pus­kesmas pembantu dan Pus­keskel. Dengan kehadiran Puskeskel tentunya mem­berikan kemudahan jang­kauan pelayanan kesehatan.

Apalagi Dinas Kese­hatan Kota Bukittinggi pada tahun 2015 ini terus men­jalankan program prioritas berupa pengoptimalan pela­yanan kepada seluruh la­pisan masyarakat, baik di Puskesmas, Posyandu, ser­ta Puskeskel yang tersebar pada setiap kelurahan.

Seiring dengan itu, pem­bangunan di bidang ke­sehatan juga diwujudkan melalui berbagai program yang dijalankan seperti pem­­bangunan Puskesmas Perkotaan dan Poskeskel, pembangunan Kualitas Te­naga Medis dan Para Medis, memberikan la­yanan dasar kesehatan gra­tis kepada masyarakat  serta mem­berikan layanan spesialis di Puskesmas Perkotaan hing­ga pe­m­ba­ngunan RSUD.

Program prioritas  ke­se­hatan diutamakan untuk layanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan ibu dan anak, lingkungan, ter­masuk pelayanan jaminan kesehatan nasional bagi keluarga kurang mampu.

“Berbagai pelayanan yang diberikan ini me­rupakan bentuk perhatian dari pemerintah setempat,” ujar Yenni. Dirinya menam­bahkan, meski pelayanan kesehatan dalam kurun 5 tahun bela­kangan berjalan cukup ba­gus, namun tentu ada plus minusnya. Oleh karena itu ke depannya perlu adanya rumah sakit milik pe­me­rintah daerah sebagai sara­na tindak lanjut dari pela­yanan kesehatan.

“Sebagai kota yang terus berupaya mewujudkan pela­yanan unggul bidang kes­e­hatan maka sudah se­ha­rusnya Bukittinggi me­miliki RSUD, disamping ditopang dengan berbagai rumah sakit yang ada saat ini,” pungkas Yenni. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]