Pemprov Izinkan Mobnas Digunakan Saat Mudik


Ahad, 28 Juni 2015 - 19:52:51 WIB
Pemprov Izinkan Mobnas Digunakan Saat Mudik

Dikatakan MK, bahwa pemakaian mobil dinas bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pem­prov Sumbar bukan terma­suk bentuk gratifikasi. Aset negara tersebut dapat digu­nakan disertai dengan ala­san yang jelas.

Baca Juga : Gelombang Tinggi, Nelayan di Padang Bisa Habiskan Waktu 12 Jam Mencari Ikan

“Selama ini mobil itu parkir terus, cuman sekali setahun ya gak apa apa,” ucap MK. Sebelumnya, Men­­teri Pemberdayaan Apa­ratur Negara dan Re­for­masi Biro­krasi RI Yuddy Chrisnandi memberi izin kepada para pegawai negeri sipil meng­gunakan kenda­raan dinasnya untuk dipakai mudik.

Walaupun diberi izin, tetapi PNS yang menggu­nakan aset negara untuk mudik itu harus menja­ganya jangan sampai rusak apalagi hilang dan wajib bertanggung jawab dengan kendaraannya itu.

Baca Juga : Hendri Septa Resmikan Bedah Rumah Bantuan Perumda Air Minum di Intake Guo Kuranji

Ada syaratnya kenda­raan dinas bisa digunakan untuk mudik Idul Fitri tahun ini, yakni PNS yang belum mempunyai ke­luar­ga, kemudian tidak memi­liki kendaraan pribadi dan yang penghasilannya masih bisa dikatakan rendah.

Menurutnya, jika PNS sudah mempunyai ken­da­raan pribadi alangkah baik­nya menggunakan ken­da­raan pribadinya itu, se­hingga kendaraan itu tetap digunakan untuk tugas kedinasannya.

Menurutnya, memang dalam peraturannya ken­daraan operasional PNS atau baik motor maupun mobil dinas digunakan un­tuk kepentingan dinas/tu­gas.

Tetapi, karena mudik sudah menjadi kebudayaan maka dirinya mengizinkan kendaraan dinas bisa digu­nakan untuk mudik asalkan sesuai syarat dan diizinkan oleh atasannya seperti kepa­la daerah atau bagian aset.

Meski Kemenpan RB sudah memberikan lampu hijau untuk pejabat meng­gunakan mobil dinas se­wak­tu lebaran nanti, masih ada beberapa daerah di Indonesia yang tetap mela­rangnya seperti, DKI Jaka­rata, NTB, Jawa Timur. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]