Harga Kebutuhan Pokok Stabil


Senin, 29 Juni 2015 - 18:13:40 WIB
Harga Kebutuhan Pokok Stabil

“Untuk sembako sam­pai saat ini kondisinya ma­sih aman, baik itu harga-harganya maupun paso­kannya masih dalam kon­disi normal dan aman. Har­ga jualpun masih stabil, mes­ki ada sebagian harga kebutuhan mengalami ke­naikan tapi tidak cukup tinggi,” ujar salah seorang pedagang kepada Walikota Bukittingi Ismet Amzis ketika melakukan pe­man­tauan harga sembako di pasar bawah, pasar lereng dan pasar atas, Senin .

Baca Juga : PLN Peduli Salurkan Dana CSR/TJSL Rp 388 Juta untuk Sarana Umum di Padang

Turut hadir dalam pe­mantauan harga ini Ketua DPRD Benny Yusrial, Ka­pala Dinas Pengelolaan Pasar, Elvis Syahri Munir, Kepala Diskoperindag M.Idris, Kapala Dinas Per­tanian, Melwizardi, Kadis Kesehatan Kota, Sofia Das­mauli, Kabag Humas, Yu­man, SIP., Kabag Pere­konomian Linda Faroza, Bulog, dan TPID Kota Bu­kittinggi.

Dari hasil pantauanyang dilakukan, beberapa harga komiditi seperti beras, da­ging, ayam potong, telor, ikan masih stabil. Beras kuriak kusuik dijual dengan kisaran harga Rp. 11 ribu per kilogram, daging Rp.110­ ribu per kilogram, dan ikan air tawar ber­kisaran Rp. 28 ribu per­koligram.

Baca Juga : Pemkab Solsel Targetkan PAD Rp336 Juta dari Sewa Kios dan Los Pasar di 2021

Sementara untuk sayur-sayuran seperti wortel kol, selada tomat bawang, cabe dan kentang mengalami sedikit kenaikan harga dan tidak terjadi lonjakan yang cukup signifikan. Selain harga yang masih stabil, ketersediaan stok masih dalam kondisi aman.

Menanggapi keluhan masih rendahnya daya beli masyarakat, Walikota Ismet Amzis berharap agar para pedagang untuk tetap ber­sabar. Karena saat ini, ma­syarakat masih disi­buk­kan dengan tahun ajaran baru untuk anak-anak sekolah. “Saat ini ma­syarakat, khu­susnya para orang tua masih disi­bukkan dengan me­ngurus anak-anak mereka yang masuk sekolah. Se­hingga mungkin saja pe­ngeluaran untuk hal lainnya ditahan dulu. Saya berharap para pedagang dapat ber­sabar terlebih dahulu. Ka­rena saya yakin menjelang lebaran nanti daya beli masyarakat akan me­ning­kat,” ungkap Ismet

Baca Juga : Kota Pariaman Berpotensi Kembangkan Bawang Merah, Tumbuh sangat Baik dan Subur

Setelah mengunjungan beberapa los sembako di pasar bawah, rombongan melanjutkan peninjauan ke pasar lereng dan pasar pa­bukoan di pasar atas. Dari hasil pantauan, Kepala Di­nas Kesehatan Kota Bu­kittinggi Sofia Dasmauli mengatakan, berbagai jenis pabukoan baik itu makanan ataupun minuman yang di­jual para pedagang di lokasi tersebut, cukup bersih dan tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna ber­bahaya.

“Dari awal bulan Rama­dahan tim dari DKK dan Puskesmas telah me­laku­kan pemantauan secara rutin. Bahkan tim juga telah me­ngambil beberapa sam­pel makanan yang men­curigakan dan mengi­rim­nya­ ke Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang untuk dilakukan tes lebih lanjut. “Alhamdulillah sejauh ini hasilnya masih aman,” pungkasnya. (h/tot)

Baca Juga : Bupati Padang Pariaman Serahkan Bantuan Sembako ke Beberapa Panti Asuhan

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]