KNPI Berdayakan Pemuda untuk Berwirausaha


Senin, 29 Juni 2015 - 18:16:32 WIB
KNPI Berdayakan Pemuda untuk Berwirausaha

Andri Maha Putra me­nga­takan, KNPI di bawah kepemimpinannya beru­paya menata organsasi kepe­mudaan yang ada, untuk lebih profesional dan man­diri dalam ber­organisasi.

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Siapkan Berbagai Dokumen Demi Kelanjutan Pembangunan Pelabuhan Pansahan

Pria kela­hiran 13 Mei 1987 itu me­lihat, kondisi organisasi ke­pemudaan sa­at ini, lebih ba­nyak ter­ben­tuk dika­renakan minat atau hobi se­mata. Hendaknya, tidak hanya dikarenakan sebagai hobi atau penya­luran hobi saja.

Namun, ke­ber­adaan or­g­a­ni­sasi kepemudaan juga ikut ber­kon­tribusi terhadap ide-ide pem­ba­ngu­nan kota ke depan. Untuk itu, kegi­atan seperti Musrenbang dan sejenisnya pe­mu­da mus­ti terlibat aktif.

Baca Juga : Dinkes Pesisir Selatan Ungkap Pentingnya Edukasi Prokes bagi Anak

Di balik kepro­fesio­nalan organisasi, KNPI juga menyasar terbentuknya ke­lom­pok usaha pemuda pro­duktif. Apalagi, dalam regu­lasi undang-undang saat ini, usia matang pemuda itu di antara 16 hingga 30 tahun.

Sebagai organsasi yang mewadahi pemuda, KNPI Sawahlunto juga ber­kewaji­ban mempersiapkan pemu­da yang matang dalam ber­ba­gai hal, termasuk kema­tangan dalam berusaha.

“KNPI Sawahlunto men­targetkan minimal 1 kelompok usaha pemuda di setiap kecamatan. Ini akan menjadi contoh dan motiva­si ba­gi pemuda Sa­wah­lunto, da­lam membangun kewi­rausahaan,” ujar suami Eli­za Rahma itu.

Sisanya, KN­PI Sawah­lunto akan bersinergi de­ngan pe­me­rin­tah. Berusaha men­­dorong Pe­merintah Sa­wah­lunto, yang me­miliki bran­ding olah­raga, untuk mem­bentuk kantor pemu­da dan olah­raga berdiri sendiri.

Harapannya, berdirinya kantor pemuda dan olah­raga sendiri, akan membuat fokusnya pencapaian visi pemerintah terkait dengan pemuda dan olahraga.

Andri Maha Putra me­miliki pengalaman organi­sa­si dari organisasi kampus, tingkat kota hingga provin­si. Mulai dari Presiden Mahasiswa Politeknik ATIP Padang tahun 2008 – 2009, Ketua Gema Ko­s­goro Padang 2009-2011.

Selanjutnya Ketua gema Kosgoro Padang 2011 – 2013, Ketua Gema Kos­goro Sumbar 2013 hingga sekarang, Wakil Ketua GM KOSGORO Sumbar 2013 – 2018, Ketua Gerakan Pemuda ESQ 165 Sumbar 2015 – 2017.(h/dil)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]