Sudah Setahun Pembangunan Tak Jalan di Supayang


Senin, 29 Juni 2015 - 18:17:08 WIB
Sudah Setahun Pembangunan Tak Jalan di Supayang

Salah satu contoh, kata Darmansyah, rencana pem­bu­atan pagar pengaman Jembatan Ririek di Jorong Koto Kubang, yang pernah dijanjikan sejak setahun lalu, sampai saat ini belum terlaksana.

Baca Juga : Bupati Pesisir Selatan Minta Bapedalitbang Kaji Penyebab Banjir Rahul Tapan

Padahal, jika pagar penga­man Jembatan Ririek yang menghubungkan Naga­ri Supayang dengan Nagari Sirukam itu tidak dibangun, dikhawatirkan akan mema­kan korban jiwa dari masya­rakat setempat.

Selama ini sudah ba­nyak kasus pengendara sepe­da motor terjatuh masuk ke dalam sungai, karena tak ada pagar pengaman di sisi kiri dan kanan jembatan itu.

Baca Juga : 500 Pelaku Usaha di Sumbar Kena Denda Akibat Langgar Protokol Kesehatan

“Pagar pengaman dari besi sepanjang 30 meter sangat dibutuhkan masyara­kat, untuk mengan­tisipasi kemungkinan terjadinya kasus pengendara terpe­rosok dalam jurang sedalam lima meter  yang berada di bawah jembatan itu,” ujar Darmansyah.

Dikatakannya, tidak ha­nya persoalan pagar penga­man, persoalan pembangu­nan petak kios di pasar tradisional Supayang, ren­ca­na cetak sawah baru dan persoalan tanah ulayat mi­lik nagari juga merupakan persoalan yang harus segera dicarikan solusinya.

Persoalan tanah ulayat milik nagari, kata Dar­mansyah, saat ini masih dalam kuasa PT Alam Per­mai, padahal izin opera­sional PT Alam Permai sudah berakhir. Semesti­nya, dengan berakhirnya izin operasional, la­han harus dikembalikan kepada masyarakat.

Menanggapi aspirasi masyarakat ini, Ketua Tim III Safari Ramadan Pem­kab Solok Hardinalis SE MM mengatakan, seluruh saran dan keluhan masya­rakat sudah dicatat dan akan dicarikan solusinya sesuai mekanisme dan pera­turan yang berlaku.

“Seluruh aspirasi war­ga akan  dibahas sebagai­mana mestinya, dalam rang­ka kelanjutan pembangu­nan di Nagari Supayang,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Tim III Safari Ramadan Pemerintah Kabupaten So­lok, menyerahkan bantuan Alquran dan uang tunai sebesar Rp 6 juta untuk pembangunan Masjid Bai­tur­rahman, Jorong Kubang Nan Raok Nagari Supayang Kecamatan Payung Sekaki.

Bantuan itu diserahkan lansung oleh Ketua Tim III yang juga Ketua DPRD Kabupaten Solok Har­dina­lis SE MM kepada pengu­rus masjid Baiturrahman Ismail, disaksikan Camat Payung Sekaki Jufni dan WaliNagari Supayang Dar­mansyah serta ratusan jemaah lainnya.(h/eri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]