Pengusaha Bordir Tradisional Terus Bertahan


Senin, 29 Juni 2015 - 18:18:07 WIB

Rismanto yang sudah menekuni usaha Bordir kerancang langsung sejak tahun 90-an itu mem­pro­duksi bordir pakaian se­perti, baju, mukena, jilbab dan lainnya.

Ia menjelas­kan, sistem manual pem­buatan bordir kerancang langsung perajin yang me­ngerjakanya, lain dengan sistem digital yang sudah terprogram, sehingga kuali­tasnyapun juga berbeda.

“Kualitasnya lebih baik kerancang langsung dan harganyapun juga tinggi dibanding dengan sistem digital. Kalau kerancang langsung di jual seharga Rp250 ribu hingga Rp2 juta,” ujarnya.

Meski kalah bersaing dengan sistem digital dari segi harga dan konsumen yang melirik, namun dia tetap optimistis bisa menyaingi produk digital tersebut.

“Kebanyakan kon­su­men di Padang Panjang ini lebih suka ke produk digital yang impor dari pulau Jawa, namun kami tetap optimis bisa berkompetitif di pa­saran,” katanya.

Ia mengatakan, promosi dan pasar produk tradi­sional itu sangat dibu­tuh­kan, untuk bertahan meng­hadapi Masyarakat Eko­nomi Asean (MEA). “Kami juga mengharapkan bantuan pemerintah dalam mem­pro­mosikan produk dalam negeri, untuk menimbulkan kecintaan masyarakat,” se­butnya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Mene­ngah Perindustrian dan Perdagangan Kota P­a­dang Panjang Reflis menga­takan, perhatian kepada pelaku usaha di daerah itu selalu dilakukan oleh pe­merintah setempat.

“Promosi dan pem­bi­naan terus kami lakukan dari setiap produk pelaku usaha, agar bisa bersaing di pasaran, baik itu berupa bantuan dana maupun yang lainnya,” ujarnya.  (h/ans)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 22:20:06 WIB

    Teladani Nabi Nuh, Pengusaha Kulit Hitam AS Sukses jadi Konglomerat

    Teladani Nabi Nuh, Pengusaha Kulit Hitam AS Sukses jadi Konglomerat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ribuan tahun silam, Nabi Nuh membuat bahtera di puncak bukit atau perintah Tuhan. Pembuatan dilakukan karena ia meyakini banjir besar akan datang dan menghancurkan semesta..
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 12:22:37 WIB

    9 Buku Kunci 'Sukses' Pengusaha Berharta Rp1.708 Triliun

    9 Buku Kunci 'Sukses' Pengusaha Berharta Rp1.708 Triliun JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Investor pasar modal dan CEO Berkshire Hathaway, sekaligus miliarder Warren Buffett memiliki reputasi sebagai pembaca yang ulung. Dia dilaporkan menghabiskan sebanyak 80% dari harinya untuk membaca.
  • Selasa, 10 Januari 2017 - 10:02:05 WIB

    Polisi Kantongi Identitas Pembunuh Pengusaha Gas Elpiji di Padang

    PADANG, HALUAN- Pihak Kepolisian masih mengejar pelaku pembunuhan terhadap Zarmawi (75) seorang pengusaha di Kota Padang, di Jalan Dr Wahidin, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Sabtu (7/1) lalu. Polisi sudah mengant.
  • Ahad, 11 Oktober 2015 - 18:33:07 WIB

    Mindset Manajerial Pengusaha Indonesia Belum Kuat Menghadapi MEA

    PADANG, HALUAN Belum kuatnya mindset manajerial pengusaha industri kreatif, menjadi kegamangan tersendiri untuk menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Diharapkan Perguruan Tinggi dan peme.

  • Senin, 09 Maret 2015 - 18:56:30 WIB

    Pengusaha Ritel Elektronik Mengeluh Penjualan Lesu

    JAKARTA, HALUAN — Pelaku usaha, khu­sus­nya ritel barang elek­tronik me­ngeluhkan lesunya penjualan pada kuar­tal I 2015. Pe­nye­babnya adalah melemahnya nilai tukar rupiah terha­dap dolar yang m.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]