Payakumbuh Jadi Icon Jagung Nasional


Senin, 29 Juni 2015 - 18:21:36 WIB
Payakumbuh Jadi Icon Jagung Nasional

Maman Ruzaman yang meberikan langsung tek­hnik budidaya jagung de­ngan nutrisi cair, punya perhatian besar terhadap Payakumbuh, agar kota ini menjadi kota terbesar da­lam memproduksi jagung. Ia meminta petani untuk konsisten menerapkan pola yang diberikan. Jangan per­nah melanggar dengan pola yang dianjurkan, ujarnya.

Sementara itu Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang membuka pelatihan itu,  mendukung penerapan tekhnologi pertanian yang dilakukan JKMP4. Apa­pun tekhnologi pertanian, sepanjang untuk pening­katan kesejahteraan petani, pemko akan mendukung.

Baca Juga : Kembangkan Pertanian Sumbar, Bahlil Perintahkan Deputi Cari Investor

Dikatakan, tantangan yang diberikan Ketua JK­MP4 Maman Ruzaman, katanya, agar menanam jagung seluas 50 hektar harus diterima dengan baik. “Tantangan ini, harus di­teri­ma. Tolong Pak Kadis Ta­na­man Pangan Perkebunan dan Kehutanan, di bawah komando Pak Syahril, di­apli­kasikan sesegeranya,” ucap walikota.

Pelatihan petani yang berlangsung dua hari itu selain menberikan materi secara teori juga peraktek lapangan antara lain dengan membuat tegalan yang se­arah matahari terbit agar sinar matahari dapat menyi­nari seluruh tumbuhan di­sam­ping teori menentukan PH tanah dengan mem­per­hatikan dedaunan yg ter­dapat di lahan yang akan ditami. (h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]