Pergantian Pengurus Dinilai Kangkangi AD/ART


Senin, 29 Juni 2015 - 18:26:22 WIB

“Hadirnya surat kepu­tusan pengesahan peru­bahan pengurus serta per­gan­tian terhadap saya seba­gai Ketua DPD Partai dan pengurus partai lainnya, dapat di ibaratkan dengan banjir tanpa hujan. Pasalnya SK tersebut tidak sesuai dengan aturan partai se­bagaimana yang telah di atur dalam AD/ART ten­tang pengesahan perubahan pengurus serta pergantian Ketua dan pengurus partai dan anggota partai. Sangat jelas dan terproses lewat musyawarah untuk pe­mili­han, barulah dikeluarkan SK pengesahan perubahan pengurus atau pergantian kepada ketua atau pengurus untuk satu masa bhakti yang habis di tahun 2018 men­datang,” ujarnya.

Dijelaskan Efridaldie, terbitnya surat keputusan yang secara tidak langsung memberhentikan dirinya sebagai ketua DPD partai Nasdem Kabupaten Sijun­jung dan menjadi ketua Dewan Pertimbangan da­e­rah Partai Nasdem Si­jun­jung juga pengurus inti partai lainnya seperti se­kre­taris dan bendahara Partia Nasdem DPD Si­junjung menjadi tanda tan­ya. Sebab pihaknya be­lum pernah men­dapati kon­flik ke­pe­ngu­rusan Partai Nas­dem Ka­­bupaten Sijunjung, bah­kan telah mengangkat dan mem­be­sarkan partai Nas­dem Di kabupaten Si­jun­jung dan tingkat na­sional dengan adanya em­pat putra daerah Ka­bu­paten Si­jun­jung yang berhasil duduk di kursi parlemen baik pusat, Pro­vinsi maupun ka­bu­pa­ten.

“Selama ini didalam kepengurusan DPD Partai Nasdem Kabupaten Sijun­jung tidak pernah terjadi konflik internal, tiba-tiba saja keluar SK DPP tentang pengesahan kepengurusan DPD Sijunjung tanpa ada­nya alur proses di tubuh partai sesuai dengan AD/ART Partai,” tegasnya.

Selaku pengurus yang sah, Efridaldie juga me­nya­yangkan sikap salah seorang kadernya yang saat ini duduk di Gedung DP­RD Sijunjung yang diduga telah merusak citra partai Nasdem demi mengambil alih kepemim­pinan Partai ­Nasdem Ka­bupaten Si­jun­jung secara tidak De­mo­kratis (inkon­s­titusi) de­ngan cara membuat, mem­per­banyak, mem­per­gunakan surat Ke­putusan nomor 1366-SK/DPP-Nas­dem/VI/ 2015 yang me­­nga­tas­namakan DPP Par­tai Nas­dem untuk kepen­tingan pri­badi. “SK dari DPP Par­tai Nasdem tentang pe­ngesahan kepengurusan DPD Partai Nasdem Ka­bupaten Sijun­jung nomor 1366-SK/DPP-Nasdem/VI/2015 tidak be­rl­aku lagi atau dicabut,” ujar Efridaldie dengan nada se­dikit kesal.

Efridaldie juga me­nya­yangkan, jika kisruh ke­pengurusan ini tidak sele­sai dalam waktu dekat, bisa jadi ini akan menjadi bu­merang bagi partai saat mengusung calon bupati atau wakil bupati dalam Pilkada Sijun­jung men­datang.

“Kalau masalah ini ti­dak segera ditanggapi, atau tidak selesai dalam waktu de­kat, bisa jadi partai Nas­Dem tidak bisa mengusung calon Bupati dan wakil bupati, dan ini akan men­jadi pukulan telak bagi partai,” ujarnya.

Sementara itu ketua KPUD Si­junjung, Tau­fiqur­rahman mengaku memang telah menerima surat dari ketua DPD NasDem Sijun­jung, Efridaldie. Namun Tau­fiqurrahman me­ng­a­ta­kan bahwa KPUD tidak bisa memberikan keputusan apa-apa. “Karena masalah ini ada­lah masalah internal par­tai, dan kita hanya sebagai pene­rima surat saja,” ung­kapnya.

Namun terkait Pe­mi­lukada mendatang Tau­fiqurrahman mengatakan, bahwa KPUD hanya akan menerima pengurus partai yang telah diserahkan oleh KPU pusat. Disebutkannya, setidaknya menjelang pen­daftaran calon bupati dan wakil bupati pada Juli men­datang, sudah ada reko­mendasi dari KPU pusat tentang kepengurusan par­tai yang sah.

“Terkait pengurus mana yang boleh mengusung ca­lon Kada nanti, kita di KPUD tetap akan ber­pe­doman pada ke­pengurusan yang ada di KPU pusat, dan biasanya SK KPU tentang kepengurusan yang sah kita terima menjelang masa pendaftaran ke KPUD,” pungkasnya. (h/ogi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Desember 2019 - 17:17:22 WIB

    Malam Pergantian Tahun, Wagub Imbau Warga Lakukan Hal Positif

    Malam Pergantian Tahun, Wagub Imbau Warga Lakukan Hal Positif PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menyambut malam pergantian tahun 2019-2020, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, mengimbau masyarakat Sumbar untuk melewatinya dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Keamanan dan ketentraman mutlak .
  • Rabu, 02 Januari 2019 - 11:23:27 WIB

    Pergantian Tahun, Pelabuhan Teluk Bayur Lepas dan Terima Kapal Barang

    Pergantian Tahun, Pelabuhan Teluk Bayur Lepas dan Terima Kapal Barang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Manajemen PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur mendapat momentum menarik saat pergantian tahun 2018-2019. Operator pelabuhan terbesar di Pantai Baat Sumatera itu mendapat momentum pelepasan kapal tera.
  • Sabtu, 02 Januari 2016 - 03:34:30 WIB
    Di Payakumbuh

    Perayaan Malam Pergantian Tahun Baru Meriah

    Perayaan Malam Pergantian Tahun Baru Meriah PAYAKUMBUH, HALUAN — Malam pergantian tahun 2015 ke 2016, atau Old and New 2016 di Payakumbuh cukup meriah, berlangsung aman dan terkendali..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]