Selama Ramadan Sampah Meningkat 15 Persen


Senin, 29 Juni 2015 - 18:30:44 WIB

Menurut Kepala Dinas Kebersihan dan Pe­rtaman­an Kota Padang, Afrizal Khaidir mengatakan, ke­nai­kan produksi sampah setiap hari selalu mengalami pe­ning­katan. Sedangkan pe­tugas yang mengakut sam­pah setiap hari diyakinkan selalu bekerja dengan maksimal.

“Hanya saja perubahan pola kerja saja yang berubah, mereka mengakut sampah setiap hari mulai pukul 05.00 WIB,” urai Afrizal Khaidir.

Dikatakannya, jumlah amrol truck (truk pe­ngang­kut kontainer) sampah yang ada di Kota Padang menuju Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Air Dingin berjum­lah 29 unit dan petugas kebersihan seluruhnya me­n­capai 600 orang.

“Tahun ini kita akan tambah amrol truck se­bany­ak enam unit, sejauh ini DKP Kota Padang baru punya 29 unit. Semoga dengan penambahan ini dapat memperbaiki kinerja dalam pengangkutan sam­pah ke TPA. Untuk pe­nga­daan­nya sudah kita bahas,” ucap Afrizal.

Untuk mendukung Per­da Sampah di tahun 2015, sudah ad 180 unit box sam­pah yang tersebar di Kota Padang. Sedangkan untuk kontainer tidak ada tam­bahan. “Jumlah kontainer kita mencapai 300 unit dan box 200,” Afrizal Khaidir.

Ditambahkannya, un­tuk tahun ini tidak ada pe­nam­bahan, begitu juga de­ngan jumlah petugas ke­ber­sihan. Meskipun masih jauh dari kata cukup. Akan te­tapi, katanya, akan ada pe­nambahan petugas pada tahun depan. “Untuk pe­tugas kebersihan tahun ini belum, kita rencanakan tahun besok pe­nam­bahan­nya,” tutupnya.

Taman Muaro Lasak ‘Samak’

Terpisah, taman sum­bang­an Satuan Kerja Per­ang­kat Daerah (SKPD) Kota Padang di Pantai Mua­ro Lasak sudah mulai di­tum­buhi rumput. Di­per­kira­k­an taman ini tidak dibersihkan masing-masing SKPD semenjak memasuki bulan Ramadan, pasalnya ketinggian rumput men­capai 20 cm.

Dari pantauan Haluan, Kemarin (29/6) terlihat taman yang tidak terawat. Sedangkan di taman ter­sebut pengunjungnya pada sore dan malam hari cukup ramai. Karena di taman tersebut pemandangan cu­kup indah setelah tenda ceper dimusnahkan.

Salah seorang pen­gun­jung taman, Wati menilai pemilik taman ‘malas’ un­tuk membersihkan taman ke­tika bulan Ramadan. Apa­lagi, cuaca cukup panas setiap harinya. Namun, Wati menyarankan supaya SKPD pemilik taman men­jad­wal­kan setiap minggu untuk membersihkan taman.

“Jangan ketika ada mo­men saja dibersihkan, se­perti acara IORA Pemko Padang kemarin. Waktu itu taman ini bersih dan asri,” harapnya.

Sementara itu, Afrizal berjanji akan me­ng­koo­r­dinasikan dengan pihak Di­nas Pariwisata dan pe­milik taman masing-masing SKPD. “Sudah saya telepon koordinatornya, besok (ha­ri ini, red) akan kita ber­sihkan,” terang Afrizal. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]