Pencetakan Dibatasi, Blangko KTP-el Menipis


Senin, 29 Juni 2015 - 18:32:12 WIB

Menghindari percaloan, masyarakat yang di­prioritaskan itu diharuskan hadir langsung saat mengurus KTP tersebut, atau jika tidak bisa hadir, bisa diurus oleh pihak keluarga lain yang namanya tercantum di Kartu Keluarga (KK) pemohon KTP-el,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang, Wedistar, Senin (29/6).

Dikatakan Wedistar, kekurangan blangko di Disdukcapil Kota Padang disebabkan terputusnya pasokan dari Kementerian Dalam Negeri. Di mana hingga saat ini Kemendagri masih dalam proses tender pengadaan blangko. Diprediksi dalam waktu dekat, blangko tersebut akan kembali dialokasikan ke masing-masing daerah di Indonesia.

Untuk mengantisipasi kekurangan blangko tersebut, pihaknya menerbitkan surat keterangan bagi masyarakat yang ingin mengurus KTP-el. Surat Keterangan ini berlaku sebagai pengganti KTP-el hingga pasokan blangko KTP-el datang dari Kemendagri.

“Berdasarkan Surat Sekretaris Daerah Kota Padang Nomor: 470/03.I/DKPS-Pdg/i/13 bertanggal 7 Januari 2013, maka surat keterangan ini berlaku sebagai pengganti KTP-el hingga yang bersangkutan menerima KTP Elektronik,” katanya.

Wedistar mengatakan, dengan terputusnya pasokan blangko KTP-el otomatis stok blangko di Disdukcapil terus mengalami penurunan. “Saat ini blangko yang tersedia hanya sekitar 1.000 lembar,” ujarnya. Minimnya blangko, membuat Disdukcapil mesti mengurangi penerbitan KTP-el menjadi 50 lembar perhari. “Biasanya saat blangko memadai, kita bisa menerbitkan sebanyak 500 lembar perhari,” sebut Wedistar.

Wedistar memprediksi sekitar 20 hari ke depan, Kemendagri akan mengirimkan pasokan blangko ke masing-masing daerah termasuk Kota Padang dan untuk penggunaan surat keterangan sementara telah dikoor­dinasikan dengan lembaga terkait, seperti perbankan, imigrasi dan lembaga lainnya. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 November 2016 - 01:08:48 WIB
    GAGAL LELANG DI PUSAT

    Disdukcapil Tunda Pencetakan KTP

    PADANG, HALUAN — Setelah beberapa kali tertunda, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang kembali menunda pencetakan KTP. Gangguan ini dikarenakan 4 Dirjen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri RI meng.
  • Senin, 31 Agustus 2015 - 18:04:46 WIB

    Data Center di Pusat Bermasalah, Pencetakan KTP Elektronik Terganggu

    PADANG, HALUAN — Terkait pelayanan KTP-elektro­nik, baru-baru ini Direktur Jendral (Dirjen) Ke­pen­dudukan dan Catatan Sipil, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh, telah mengeluarkan surat edaran.

    Isi.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]