Hakim Tolak Eksepsi Eks Direktur Pertamina


Senin, 29 Juni 2015 - 18:35:24 WIB

“Materi (nota keberatan) sudah masuk pokok perkara yang harus dibuktikan dalam sidang. Eksepsi tidak dapat diterima,” kata Hakim Ketua Casmaya dalam sidang pembacaan putusan sela di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (29/6/2015).

Majelis beranggapan dakwaan yang disusun oleh Jaksa KPK, yakni terkait pemberian uang tersebut dapat dijadikan dasar pemeriksaan. Dengan dasar itulah dan hasil musyawarah hakim lainnya memutuskan untuk menolak nota keberatan tersebut.

Kemudian, hakim memerintahkan Jaksa pada KPK menghadirkan saksi pada sidang selanjutnya pekan depan. Tujuannya untuk pembuktian atas surat dakwaan yang disusun Jaksa KPK.

Menanggapi permintaan itu, Jaksa KPK akan meng­hadirkan saksi-saksi. “(Kami perlu waktu) satu minggu untuk memanggil saksi,” ujar Jaksa KPK Sugeng. Diketahui dalam eksepsinya Suroso mengklaim tak pernah meminta Willy untuk membuatkan rekening bank di UOB Singapura sebagai kantong duit suap. Bantahan itu disampaikan untuk menepis surat dakwaan Jaksa KPK.

“Terdakwa (Suroso) tidak pernah menerima, me­nikmati, dan mempergunakan dana sejumlah USD 190 ribu serta menginap di Hotel Radisson Edwardian May Fair London sejumlah UK 889,16,” kata Asep Bambang sekalu kuasa hukum Suroso saat membacakan nota keberatan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (22/6).

Selain itu, dia juga mnepis menerima uang dan fasilitas menginap di Hotael diduga hadiah dari pejabat perusahaan pemasok bensin bertimbal bernama The Associated Octel Cimoany Limited (Octel), David Peter Turner, Paul Jennings, Dennis J. Kerisson, dan Miltos Papachritos melalui Willy dan Muhammad Syakir terkait proses pengadaan dan pembelian TEL pada PT Pertamina.

Diketahui dalam surat dakwaan, perusahaan yang dipimpin Willy merupakan perantara dari Octel sebagai pemasok bensin bertimbal untuk Pertamina. Agar Octel tetap menjadi pemasok utama Wiily memberikan suap pada Soroso senilai USD 190 ribu dan fasilitas menginap. (h/inl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 01:03:10 WIB

    Hakim MK Diprediksi Berbeda Pendapat Hadapi Gugatan Prabowo

    Hakim MK Diprediksi Berbeda Pendapat Hadapi Gugatan Prabowo JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pakar hukum tata negara Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Juanda memprediksi akan ada perbedaan pendapat atau dissenting opinion di antara hakim Mahkamah Konstitusi dalam menghadapi sid.
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 19:53:54 WIB

    Sidang Kasus Politik Uang, Hakim Tolak Eksepsi PH Rika Hanom

    Sidang Kasus Politik Uang, Hakim Tolak Eksepsi PH Rika Hanom SOLOK,HARIANHALUAN.COM-Majelis hakim Pengadilan Negeri Solok dalam putusan sela menyatakan bahwa eksepsi (nota keberatan )  Penasehat Hukum (PH) Rika Hanom dan Joni Edison ditolak..
  • Kamis, 25 Oktober 2018 - 11:19:40 WIB

    Sidang Sengketa Parpol, Hakim Akan Surati DPW PAN Sumbar

    Sidang Sengketa Parpol, Hakim Akan Surati DPW PAN Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sidang Perdana Gugatan Perdata Fauzan Haviz terhadap DPW PAN Sumatera Barat dan KPU serta Bawaslu Bukittinggi di Pengadilan Negeri Kelas I A Padang tidak dihadiri lagi oleh DPW PAN Sumbar selaku Ter.
  • Selasa, 04 Oktober 2016 - 15:17:13 WIB

    Diputuskan Hakim, ini Nama Sebenarnya Bakal Calon Wawako Payakumbuh

    Diputuskan Hakim, ini Nama Sebenarnya Bakal Calon Wawako Payakumbuh Baru saja nama sudah diputuskan PN Tangerang. Nama yang tercantum di ijazah sama dengan yang di KTP..
  • Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:24:02 WIB

    Hakim Sarpin Jalani Pemeriksaan Tambahan

    JAKARTA, HALUAN — Hakim Sarpin Rizaldi kembali di­periksa penyidik Bareskrim Polri sebagai saksi pelapor pen­cemaran nama baik untuk me­lengkapi berkas pemeriksaan dua tersangka yaitu Ketua Ko­misi Y.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]