Komnas HAM Tunggu Hasil Investigasi


Senin, 29 Juni 2015 - 18:36:57 WIB

Hal itu disampaikan Nur­­ Cholis saat me­ngun­ju­ngi Kantor Komnas PA, Pa­sar Rebo, Jakarta Timur, Senin (29/6/2015). Nur di­sam­but oleh Seto Mulyadi atau Kak Seto mewakili Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait yang sedang berada di Sinabung, Su­matera Utara.

Menurut Nur, pihaknya legowo jika kebakaran itu murni kecelakaan yang di­se­babkan mungkin seperti konstleting listrik arus pen­dek. Namun jika ada unsur kesengajaan, dia mendesak kepolisian untuk me­ngung­kap pelakunya.

“Terakhir, kami  me­minta polisi untuk ting­katkan rasa aman bagi selu­ruh pembela HAM di Ta­nah Air, apakah itu me­nyangkut hak anak, perem­puan, petani dan yang lain. Saya tak mau mengaitkan langsung dengan kejadian ini, tapi mengingatkan bah­wa­ sangat banyak pembela-pem­bela hak di Tanah Air,” tuturnya. “Karena itu kami ingin menekankan bahwa ke­poli­sian selayaknya mem­berikan rasa aman kepada pembela HAM,” sam­bung­nya.

Sementara itu, Kak Seto mengatakan kejadian ini menjadi pelajaran berharga bagi Komnas PA. Ke depan, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak ketiga atau bank yang menyediakan penyimpanan dokumen. Mengingat salah satu ru­a­ngan yang terbakar meru­pakan ruang data dan arsip.

“Ini pelajaran berharga bagi kami. Kami mohon maaf kepada warga, ter­paksa kami harus me­ngo­reksi kem­bali data-data apa yang telah disampaikan (warga),” ujarnya dalam kesempatan yang sama. (h/dtc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]